Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ismail Haniyeh Tewas Akibat Rudal yang Dikirim dari Luar Iran, Berikut Kronologis Lengkapnya

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dan seorang pengawalnya tewas setelah tempat tinggal mereka di Teheran, Iran, menjadi sasaran rudal.

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in Ismail Haniyeh Tewas Akibat Rudal yang Dikirim dari Luar Iran, Berikut Kronologis Lengkapnya
Arif Hudaverdi Yaman/Anadolu/Getty Images
Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dalam sebuah wawancara awal tahun 2024 ini di Istanbul, Turki. 

TRIBUNNEWS.COM, IRAN -  Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dan seorang pengawalnya tewas setelah tempat tinggal mereka di Teheran, Iran, menjadi sasaran rudal.

Ismail Haniyeh tewas pada Rabu (31/7/2024) sekitar pukul 02.00 waktu setempat.

Garda Revolusi Iran (IRGC) mengatakan Ismail Haniyeh dibunuh setelah menghadiri pelantikan Presiden Iran yang baru Masoud Pezeshkian.

"Hamas menyatakan kepada rakyat Palestina yang agung dan rakyat negara-negara Arab dan Islam serta semua orang merdeka di dunia, saudara pemimpin Ismail Ismail Haniyeh sebagai seorang martir," kata Hamas dalam sebuah pernyataan, AP melaporkan.

Iran Kecolongan?

Banyak pertanyaan muncul soal kematian Ismail Haniyeh.

Apalagi karena dia dikenal sebagai sekutu paling dekat dengan Iran dan tewas di wilayah Iran.

Ismail Haniyeh selama ini aman-aman saja ketika berada di Qatar, tempat tinggalnya.

BERITA TERKAIT

Bahkan dua pekan lalu, Ismail Haniyeh masih sempat melakukan pertemuan dengan Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Qatar.

Wakil Presiden ke 10 dan 12 RI, M Jusuf Kalla bertemu dengan Pemimpin Politik Gerakan Hamas, Ismail Haniyeh di Doha, Qatar, Jumat (12/7/2024).
Wakil Presiden ke 10 dan 12 RI, M Jusuf Kalla bertemu dengan Pemimpin Politik Gerakan Hamas, Ismail Haniyeh di Doha, Qatar, Jumat (12/7/2024). (Istimewa)

Lalu apakah pengamanan Iran kecolongan dengan kematian Ismail Haniyeh

Mantan Komandan Garda Revolusi Iran, Mohsen Rezaie, memperingatkan Israel akan "membayar harga yang mahal" atas pembunuhan Ismail Haniyeh di Teheran, media pemerintah Iran melaporkan.

Iran adakan pertemuan darurat keamanan nasional

Iran mengadakan pertemuan darurat Dewan Keamanan Nasional Tertinggi di kediaman pemimpin tertinggi, sebuah acara yang terjadi selama keadaan luar biasa, New York Times melaporkan mengutip dua pejabat Iran.

Kepala Pasukan Quds IRGC, Esmaeil Qa'ani, juga menghadiri pertemuan tersebut.

Badan keamanan tertinggi Iran akan memutuskan tentang strategi Iran sebagai reaksi atas pembunuhan Haniyeh di Teheran, Reuters melaporkan, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya.

Rudal dari Luar Negeri

Al-Mayadeen, media berita yang berafiliasi dengan Hizbullah, mengatakan pemimpin Hamas dibunuh dengan "rudal yang ditembakkan dari luar negeri" mengutip pernyataan pejabat Iran yang tidak disebutkan namanya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas