Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Krisis Kesehatan di Gaza Makin Parah, Kemenkes Umumkan Epidemi Polio

Kemenkes Gaza umumkan epidemi polio di seluruh wilayah kantong Palestina, menandai memburuknya krisis kesehatan masyarakat akibat perang Israel.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Krisis Kesehatan di Gaza Makin Parah, Kemenkes Umumkan Epidemi Polio
X
Tentara Israel mulai vaksinasi Polio kepada semua prajurit yang bertugas di Jalur Gaza, surat kabar Israel Yedioth Ahronoth melaporkan. Kementerian Kesehatan Gaza mengumumkan epidemi polio di seluruh wilayah kantong Palestina, menandai memburuknya krisis kesehatan masyarakat akibat perang Israel sejak 7 Oktober 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Kesehatan Gaza mengumumkan epidemi polio di seluruh wilayah kantong Palestina, menandai memburuknya krisis kesehatan masyarakat akibat perang Israel sejak 7 Oktober 2023.

Dalam pernyataan di Telegram, Kementerian mengatakan situasi tersebut “menimbulkan ancaman kesehatan bagi penduduk Gaza dan negara-negara tetangga”.

Menyebut epidemi ini sebagai kemunduran bagi program pemberantasan polio global, Kemeskes Gaza pun menyerukan “intervensi segera untuk mengakhiri agresi (Israel) dan menemukan solusi radikal”.

Tentara Israel baru-baru ini mulai vaksinasi Polio kepada semua prajurit yang bertugas di Jalur Gaza, surat kabar Israel Yedioth Ahronoth melaporkan.

"Pihak berwenang militer telah memulai operasi vaksinasi yang luas untuk semua pasukan darat, baik reguler maupun cadangan," kata pernyataan militer, Minggu (21/7/2024).

Prajurit IDF juga diinstruksikan untuk mengambil tindakan pencegahan dan menjaga kebersihan pribadi.

“IDF akan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk memastikan kesehatan prajurit IDF dan masyarakat, dan akan terus melakukan inspeksi di Jalur Gaza,” kata seorang juru bicara militer Israel.

BERITA TERKAIT

Kampanye vaksinasi berskala luas diperuntukkan bagi semua pasukan yang bertugas tetap maupun cadangan dan tidak wajib.

Militer tidak memberikan angka pasti mengenai jumlah prajurit yang terlibat, tetapi ribuan tentara reguler dan cadangan dilaporkan bertempur di Gaza.

Militer Israel mengatakan bahwa, selain pasukannya yang diberi vaksin, lebih dari satu juta suntikan telah didatangkan dengan bantuan kelompok-kelompok internasional untuk memvaksinasi warga Palestina.

Angka itu hanya cukup untuk sekitar setengah populasi Gaza, tetapi tidak jelas berapa banyak yang belum divaksinasi.

Baca juga: Usai Virus Polio Terdeteksi di Limbah Gaza, WHO Kirim 1 Juta Vaksin untuk Lindungi Anak-anak

Ditemukan dalam sampel limbah

Menurut laporan itu, virus Polio tipe 2 ditemukan dalam sampel limbah yang dikumpulkan dari Gaza minggu lalu.

Sejauh ini, tidak ada kasus polio yang terdeteksi di Jalur Gaza, menurut Organisasi Kesehatan Dunia, dikutip dari Times of Israel.

Polio menyebar melalui kontaminasi fekal-oral, terkadang melalui air minum yang terkontaminasi, sanitasi yang buruk, atau pengendalian pembuangan limbah yang buruk.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas