Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS Bantah Terlibat dalam Pembunuhan Bos Hamas Ismail Haniyeh di Iran, Blinken: Tak Tahu

Amerika Serikat mengklaim tak terlibat dalam aksi pembunuhan terhadap kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh, di Iran.

Penulis: Febri Prasetyo
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in AS Bantah Terlibat dalam Pembunuhan Bos Hamas Ismail Haniyeh di Iran, Blinken: Tak Tahu
Tribunnews
Kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh. 

TRIBUNNEWS.COM - Amerika Serikat (AS) mengaku tak terlibat dalam aksi pembunuhan terhadap kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh, di Teheran, Iran, pada hari Rabu, (31/7/2024).

Dalam wawancara dengan Channel News Asia di Singapura, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan negaranya "tak tahu dan tak terlibat".

Ketika ditanya mengenai dampak yang akan muncul pembunuhan itu, Blinken juga mengaku tidak tahu.

"Susah untuk berspekulasi, dan saya selama bertahun-tahun belajar untuk tidak berspekulasi mengenai dampak suatu peristiwa terhadap hal lain," ujarnya.

Dia kemudian menegaskan pentingnya mewujudkan gencatan di Jalur Gaza yang sudah dilanda perang selama 9 bulan. Kata Blinken, AS akan terus mengupayakannya.

"Sangat penting untuk membantu mengakhiri penderitaan warga Palestina di Gaza. Sangat penting untuk memulangkan para sandera, termasuk sejumlah warga Amerika."

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) berpidato di depan media bersama Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di dalam The Kirya, yang menampung Kementerian Pertahanan Israel, di Tel Aviv pada 12 Oktober 2023.
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) berpidato di depan media bersama Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di dalam The Kirya, yang menampung Kementerian Pertahanan Israel, di Tel Aviv pada 12 Oktober 2023. (JACQUELYN MARTIN / POOL / AFP)

Blinken meyakini gencatan senjata tetap menjadi cara terbaik untuk meredakan ketegangan di Timur Tengah.

BERITA TERKAIT

"Salah satu hal yang kami fokuskan ialah berusaha memastikan bahwa konflik yang muncul di Gaza tidak menyebar, tidak menular ke tempat lain, tidak bereskalasi, dan kami akan terus melakukannya."

Kunjungan Blinken ke Singapura pada hari Selasa itu adalah bagian dari lawatannya yang ke-18 di kawasan Indo-Pasifik.

Hamas dan Iran bersumpah membalas

Israel dituding berada di balik pembunuhan Haniyeh. Namun, hingga saat ini Israel belum membantah atau mengonfirmasinya.

Baca juga: Jusuf Kalla Terbang ke Doha Qatar Malam Ini, Hadiri Prosesi Pemakaman Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh

Meski demikian, sebelumnya para pejabat Israel mengatakan, semua pemimpin Hamas bertanggung jawab atas serangan Hamas ke Israel pada tanggal 7 Oktober 2023.

Adapun Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Rabu malam berujar, Israel kini menghadapi "hari-hari yang menantang".

Netanyahu mengklaim Israel sudah siap menghadapi segala skenario dan akan bersatu untuk melawan setiap ancaman.

Kita akan menuntut harga mahal atas setiap agresi terhadap kita di semua front," kata perdana menteri sayap kanan itu dikutip dari Financial Times.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas