Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

JK Terbang ke Qatar Hadiri Pemakaman Ismail Haniyeh, Serukan Salat Gaib di Indonesia Besok

JK mengatakan, keberangkatannya sebagai delegasi Indonesia mewakili delegasi Indonesia sebagai harapan dari rakyat Palestina.

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in JK Terbang ke Qatar Hadiri Pemakaman Ismail Haniyeh, Serukan Salat Gaib di Indonesia Besok
istimewa
Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) bertolak ke Doha, Qatar, Kami (1/82024) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden ke-10 dan 12 indonesia, Jusuf Kalla (JK) berangkat ke Doha, Qatar pada Kamis (1/8/2024) untuk menghadiri pemakaman pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh.

Keberangkatan JK didampingi oleh Menteri Hukum dan HAM RI 2004-2007, Hamid Awaluddin, menggunakan pesawat Qatar Airways.

JK mengatakan, keberangkatannya sebagai delegasi Indonesia mewakili delegasi Indonesia sebagai harapan dari rakyat Palestina.




"Ini memenuhi harapan agar mengirimkan delegasi Indonesia ke sana dan kami diundang menghadiri pemakaman almarhum Ismail Haniyeh," kata JK di Bandara Soekarno Hatta, melalui keterangan tertulis, Kamis.

Adapun doa pemakaman Ismail akan diadakan di Teheran, Iran hari ini pukul 8 pagi waktu setempat.

Jenazahnya kemudian dibawa ke Doha, Qatar untuk disholatkan dan dimakamkan.

Baca juga: Bom yang Membunuh Ismail Haniyeh Dikabarkan Diselundupkan ke Guest House di Teheran Dua Bulan Lalu

Salat jenazah pemimpin Hamas ini akan diadakan di Masjid Imam Muhammad Ibn Abdul Wahhab di Doha setelah Sholat Jumat, (2/8/2024) besok.

BERITA TERKAIT

Selanjutnya Haniyeh akan dimakamkan di Lusail.

Diberitakan, Ismail Haniyeh yang merupakan salah satu pimpinan Hamas tewas dalam serangan udara yang menargetkan kediamannya di Teheran utara sekitar pukul 02.00, Rabu, 31 Juli 2024, waktu setempat.

Peristiwa itu terjadi, di wisma veteran perang yang dikelola oleh Korps Garda Revolusi Islam (IRGC).

Serukan Salat Gaib di Masjid-masjid Indonesia

Selain menghadiri langsung pemakaman di Qatar, JK selaku Ketua Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) juga menyerukan umat Islam seluruh Indonesia untuk melaksanakan shalat ghaib atas wafatnya pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh.

Dalam surat edaran DMI yang ditandatangani Ketua DMI Jusuf Kalla disampaikan bahwa shalat gaib dilakukan rangkaian pelaksanaan Ibadah Shalat Jumát, besok.

"Melakukan Shalat Ghaib berjamaah atau sendiri-sendiri untuk asy-syahid Ismail Haniyeh dan para syuhada Palestina yang dilaksanakan di dalam rangkaian pelaksanaan Ibadah Shalat Jumáh," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (1/8/2024).

Baca juga: Cina, Rusia, dan Iran Mengutuk Pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh

PP DMI menyatakan ikut belasungkawa sedalam-dalamnya atas musibah meninggalnya Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh.

Mereka mendoakan para pejuang kemerdekaan Palestina agar senantiasa di dalam keselamatan dan perlindungan Allah Subhanaahu wa Ta’alaa, serta memperoleh kemenangan dalam perjuangannya.

"Mendoakan agar segera tercapai gencatan senjata permanen di Gaza, Palestina, sehingga tercipta kedamaian dan perdamaian," lanjut surat edaran tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas