Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gelombang Pertama Jet F-16 Permintaan Ukraina Tiba di Kyiv. Sudah Dilengkapi Meriam 20 Mm

Kehadiran jet tempur F-16 telah lama ditunggu-tunggu Ukraina yang akan membantu negara tersebut melawan kekuatan angkatan udara Rusia yang superior.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Gelombang Pertama Jet F-16 Permintaan Ukraina Tiba di Kyiv. Sudah Dilengkapi Meriam 20 Mm
npr.org
Gelombang pertama jet F-16 kiriman dari negara-negara NATO telah tiba di Ukraina. Jet-jet tempur buatan Amerika Serikat ini sudah dilengkapi dengan meriam 20 mm dan dapat membawa bom, roket, dan rudal. 

TRIBUNNEWS.COM - Gelombang pertama jet F-16 kiriman dari negara-negara NATO telah tiba di Ukraina. Jet-jet tempur buatan Amerika Serikat ini sudah dilengkapi dengan meriam 20 mm dan dapat membawa bom, roket, dan rudal.

Kehadiran jet tempur F-16 ini telah lama ditunggu-tunggu Ukraina yang akan membantu negara tersebut melawan kekuatan angkatan udara Rusia yang superior.

F-16 merupakan tempur ikonik yang telah menjadi pesawat tempur garis depan pilihan aliansi NATO dan banyak angkatan udara di seluruh dunia selama 50 tahun.

Kiriman batch pertama jet F-16 ini merupakan realisasi dari janji negara-negara Barat kepada Ukraina, sebut ejabat di Washington dan Ukraina kepada The Associated Press.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden sebelumnya sudah memberikan lampu hijau pada bulan Agustus 2023 untuk mengirim F-16 bekas ke Ukraina, meskipun AS tidak akan menyediakan pesawatnya sendiri.

Belgia, Denmark, Belanda dan Norwegia telah berkomitmen menyediakan lebih dari 60 unit ke Ukraina dalam beberapa bulan mendatang dalam waktu yang mungkin akan memakan waktu pengiriman yang lambat.

Penasihat utama Presiden Volodymyr Zelenskyy, Mykhailo Podolyak, mengatakan dia tidak akan mengkonfirmasi atau menyangkal Ukraina telah menerima F-16. Pejabat Ukraina lainnya juga bungkam.

BERITA TERKAIT

Namun, Menteri Luar Negeri Lituania Gabrielius Landsbergis mengatakan pada X, kutipan, "F-16 di Ukraina. Hal lain yang mustahil ternyata sangat mungkin terjadi."

Bloomberg melaporkan kiriman beberapa unit jet tempur F-16 baru saja tiba di Ukraina, meskipun belum diketahui negara mana yang mengirim pesawat tersebut atau berapa banyak yang telah mencapai Ukraina.

Baca juga: Belanda Janjikan Jet Tempur F-16 Segera Sampai di Ukraina

Zelenskyy mengatakan, Ukraina membutuhkan lebih dari 100 pesawat buatan AS untuk secara efektif melawan Rusia, yang memiliki lebih dari 1.000 jet tempurnya sendiri.

Kekuatan angkatan udara Ukraina saat ini relatif kecil dan sebagian besar terdiri dari pesawat-pesawat tua era Soviet yang diwarisi negara tersebut ketika memperoleh kemerdekaan dari Uni Soviet pada tahun 1991.

Jet tempur F-16 tiba di Kyiv
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menginspeksi jet tempur F-16 batch pertama kiriman NATO yang tiba di Kyiv, ibukota Ukraina. Jet-jet tempur buatan Amerika Serikat ini sudah dilengkapi dengan meriam 20 mm dan dapat membawa bom, roket, dan rudal.

Pesawat-pesawat tersebut rentan terhadap pasukan Rusia dan jarang terbang ke angkasa.

Ukraina sangat bergantung pada pertahanan udara untuk mencegah Rusia mendominasi sepenuhnya langit di Ukraina. Pertahanan udara tersebut telah ditingkatkan dengan sistem Barat, seperti baterai rudal Patriot buatan AS.

Baca juga: Zelensky Masih Tak Puas Jumlah F-16 yang Akan Dikirim ke Ukraina

Namun Ukraina telah bersikeras sejak invasi besar-besaran Rusia pada tahun 2022 bahwa mereka juga membutuhkan jet tempur yang efektif.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas