Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Turki Blokir Instagram Diduga Karena Instagram Sensor Pesan Belasungkawa Pembunuhan Ismail Haniyeh

Turki telah memblokir akses ke platform media sosial Instagram, regulator infoteknologi mengatakan hari ini, tanpa menyebutkan alasan

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Turki Blokir Instagram Diduga Karena Instagram Sensor Pesan Belasungkawa Pembunuhan Ismail Haniyeh
The Verge
Turki telah memblokir akses ke platform media sosial Instagram, regulator infoteknologi mengatakan hari ini, tanpa menyebutkan alasan atau durasi pemblokiran, yang juga membuat aplikasi seluler platform tersebut tidak dapat diakses. 

Turki Blokir Instagram Diduga Karena Instagram Sensor Pesan Belasungkawa Pembunuhan Ismail Haniyeh

TRIBUNNEWS.COM- Turki telah memblokir akses ke platform media sosial Instagram, regulator infoteknologi mengatakan hari ini, tanpa menyebutkan alasan atau durasi pemblokiran, yang juga membuat aplikasi seluler platform tersebut tidak dapat diakses, Reuters melaporkan.

Langkah ini menyusul komentar pada hari Rabu oleh pejabat komunikasi Turki Fahrettin Altun, yang mengkritik platform tersebut atas apa yang disebutnya keputusannya untuk memblokir kiriman belasungkawa atas pembunuhan kepala Hamas Ismail Haniyeh .

"Saya juga mengutuk keras platform media sosial Instagram yang secara aktif mencegah orang-orang mengunggah pesan belasungkawa atas meninggalnya pemimpin Hamas Haniyeh tanpa menyebutkan adanya pelanggaran kebijakan," tulisnya di X. "Ini adalah penyensoran, murni dan sederhana."

Altun menambahkan: “Kami akan membela kebebasan berbicara melawan platform-platform ini yang telah berkali-kali menunjukkan bahwa mereka terutama melayani sistem ketidakadilan global yang eksploitatif. Kami akan mendukung saudara-saudari Palestina kami di setiap kesempatan dan di setiap platform.”

Belum ada komentar langsung dari induk Instagram, Meta Platforms Inc META.O, mengenai larangan tersebut atau komentar Altun.

Otoritas Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTK) Turki menerbitkan keputusan 2 Agustus di situs webnya.


Turki blokir akses ke platform Instagram, tapi tak jelas alasannya

BERITA TERKAIT

Turki telah memblokir akses ke platform media sosial Instagram, regulator infoteknologi mengatakan pada hari Jumat, tanpa menyebutkan alasan atau durasi larangan tersebut, yang juga membuat aplikasi seluler platform tersebut tidak dapat diakses.

Langkah tersebut menyusul komentar pada hari Rabu oleh pejabat komunikasi Turki Fahrettin Altun, yang mengkritik platform tersebut atas apa yang disebutnya keputusannya untuk memblokir unggahan belasungkawa atas pembunuhan Ismail Haniyeh , seorang pejabat penting kelompok militan Palestina Hamas.

"Ini adalah penyensoran, murni dan sederhana," kata Altun, direktur komunikasi kepresidenan Turki, di X, seraya menambahkan bahwa Instagram tidak mengutip pelanggaran kebijakan apa pun atas tindakannya.

Belum ada komentar langsung dari induk Instagram, Meta Platforms Inc (META.O)., membuka tab barutentang larangan atau komentar Altun.

Otoritas Teknologi Informasi dan Komunikasi Turki (BTK) menerbitkan keputusan 2 Agustus di situs webnya.

Turki blokir Instagram tanpa alasan

Platform media sosial populer Instagram telah diblokir di Turki, Otoritas Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTK) negara itu mengatakan pada hari Jumat, tanpa memberikan alasan atau petunjuk apa pun mengenai berapa lama larangan tersebut akan berlaku.

Akses ke aplikasi seluler Instagram juga telah diblokir.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas