Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

IDF Siaga Penuh, Warga Israel Dilarang Bepergian ke 40 Negara, Kedutaan di Luar Negeri Dijaga Ketat

Hagari mengatakan bahwa IDF dalam keadaan siaga tinggi, baik dalam pertahanan maupun dalam serangan.

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in IDF Siaga Penuh, Warga Israel Dilarang Bepergian ke 40 Negara, Kedutaan di Luar Negeri Dijaga Ketat
khaberni/HO
Foto file: Pasukan Israel (IDF) bersiaga penuh. 

TRIBUNNEWS.COM, ISRAEL - Militer Israel sejak Kamis (1/8/2024) berada dalam "kesiagaan tinggi" mengantisipasi serangan balik dari Iran dan Hizbullah akibat pembunuhan kepala militer Hizbullah Fuad Shukr di Beirut dan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran.

Sementara itu, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berbicara dengan Presiden AS Joe Biden, yang menurut Gedung Putih menekankan komitmen Amerika untuk mempertahankan keamanan Israel “dari semua ancaman dari Iran.”

Keduanya membahas pengerahan militer AS yang baru untuk melindungi dari kemungkinan serangan rudal balistik dan pesawat nirawak.

Times of Israel, Sabtu (3/8/2024) menulis negara itu mengantisipasi serangan Iran seperti saat menembakkan ratusan pesawat tak berawak dan rudal ke Israel pada tanggal 13-14 April 2024 lalu.

Para pemimpin Iran dan Hamas bersumpah untuk membalas dendam terhadap Israel atas pembunuhan Haniyeh selama prosesi pemakamannya di Teheran pada Kamis pagi.

Baca juga: Mossad Sewa Agen Keamanan Iran Tanam Bom di Tempat Ismail Haniyeh Menginap, Diduga Ada Pengkhianat

Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah mengatakan pada hari itu bahwa perang melawan Israel telah memasuki "fase baru" dan Israel harus siap menghadapi "kemarahan dan balas dendam."

Sementara pasukan pertahanan Israel IDF telah mengklaim bertanggung jawab atas pembunuhan Shukr, Israel belum secara resmi mengomentari pembunuhan Haniyeh, yang dituduhkan Hamas, Iran, dan sekutu mereka.

BERITA TERKAIT

"Kami menyerang pada Selasa malam di Lebanon dan menewaskan Fuad Shukr dalam serangan udara yang akurat," kata Juru Bicara IDF Laksamana Muda Daniel Hagari ketika ditanya tentang Haniyeh.

"Saya ingin menekankan, tidak ada serangan udara lain, tidak ada rudal dan tidak ada pesawat nirawak Israel, di seluruh Timur Tengah malam itu dan saya tidak akan berkomentar lebih lanjut."

Sebelumnya, The New York Times melaporkan bahwa ledakan yang menewaskan Haniyeh dan pengawalnya pada Rabu pagi dipicu oleh bom canggih yang dikendalikan dari jarak jauh yang diselundupkan sekitar dua bulan lalu ke kamar pemimpin Hamas di wisma tamu di Teheran tempat ia menginap.

"Sejak awal perang, kami telah menghadapi berbagai ancaman dari jauh dan dekat," kata Hagari, mengacu pada konflik yang sedang berlangsung yang dipicu oleh serangan Hamas pada 7 Oktober.

"Kami telah membuktikan baru-baru ini bahwa Negara Israel tahu bagaimana menghadapi ancaman dalam pertahanan, dan menanggapinya dengan serangan yang dahsyat."

“Kami memiliki sistem pertahanan yang sangat baik, dan kami memiliki sekutu internasional yang memperkuat pasukan mereka di wilayah tersebut untuk membantu kami melawan ancaman ini,” kata Hagari.

Namun, ia menekankan bahwa pertahanan Israel “tidak kedap udara.”

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas