Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Demo di Bangladesh Makin Memanas, PM Sheik Hasina Dikabarkan Mundur

PM Bangladesh Sheikh Hasina dikabarkan mundur usai demonstrasi di negaranya semakin memanas. Kini dia disebut berada di 'tempat aman'.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Demo di Bangladesh Makin Memanas, PM Sheik Hasina Dikabarkan Mundur
AFP/-
Demonstran antikuota bentrok dengan polisi di Dhaka pada 19 Juli 2024. - Polisi di ibu kota Bangladesh melarang semua unjuk rasa publik pada 19 Juli, sehari setelah putaran protes mahasiswa paling mematikan sejauh ini yang mengakibatkan gedung-gedung pemerintah dibakar oleh demonstran dan pemberlakuan pemadaman internet nasional. (Photo by AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Perdana Menteri (PM) Bangladesh, Sheikh Hasina dikabarkan bakal mundur usai demonstrasi di negara yang dipimpinnya semakin memanas hingga Senin (5/8/2024) waktu setempat.

Dilaporkan AFP dan Reuters, kabar mundurnya Sheikh Hasina ini diduga buntut bertambahnya korban tewas akibat demonstrasi di Bangladesh yang tak kunjung mereda.

Adapun per Senin hari ini, korban tewas bertambah menjadi enam orang dan membuat demonstrasi saat ini menjadi yang paling buruk sejak Bangladesh berdiri pada lima dekade lalu.




Sementara, kabar mundurnya PM Bangladesh tersebut disampaikan oleh seorang ajudan senior dari Sheikh Hasina.

Kendati demikian, laporan ini masih dikonfirmasi lebih lanjut oleh Reuters.

Di sisi lain, Hasina dan saudara perempuannya saat ini telah dibawa ke sebuah "tempat penampungan yang aman" dan juah dari kediamannya.

"Anda tahu, situasinya sangat tidak stabil. Apa yang terjadi, saya sendiri tidak tahu," klata Menteri Hukum Bangladesh, Anisul Huq kepada Reuters.

BERITA TERKAIT

Sebagai informasi, pada Senin hari ini, para aktivis mahasiswa menyerukan penentangan jam malam nasional untuk menean Hasina agar mengundurkan diri, sehari setelah bentrokan mematikan d seluruh negeri yang menewaskan hampir 100 orang.

Saat para demonstran tengah berbaris di beberapa tempat, personel dengan lapis baja dan tentara tengah berpatroli di jalan-jalan ibu kota Bangladesh, Dhaka.

Baca juga: Demo Bangladesh: Hampir 100 Orang Tewas dan Ribuan Luka-luka

Kemudian, kontak fisik pun tejradi antara demonstran dan aparat yang berjaga.

Sedikitnya, dikutip dari Daily Star, ada enam orang tewas akibat bentrokan tersebut yang terjadi di daerah Jatrabari dan Dhaka Medical College.

Pada momen tersebut, polisi tampak melemparkan granat suara di beberapa bagian kota untuk membubarkan kelompok-kelompk kecil pengunjuk rasa, demikian laporan dari media massa lokal Bangladesh, Prothom Alo.

Sementara di tempat lain, ribuan pengunjuk rasa mengepung aparat yang ditempatkan di depan sebuah gedung pemerintahan.

Di sisi lain, bentrokan ini turut membuat Kepala Angkatan Darat Bangladesh, Jenderal Waker Uz Zaman sampai menunda pidatonya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas