Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-894: Ukraina Tenggelamkan Kapal Selam Rusia di Krimea

Kyiv baru-baru ini menenggelamkan kapal selam Rusia di Krimea, menghantam lapangan terbang Rusia.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
zoom-in Perang Rusia-Ukraina Hari ke-894: Ukraina Tenggelamkan Kapal Selam Rusia di Krimea
Kolase Tribunnews.com
Pasukan Ukraina menghancurkan/merusak kapal selam B237 Rusia dan unit sistem pertahanan udara S-400 di Krimea. Dilaporkan 4 peluncur S-400 rusak. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini sejumlah peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina hari ke-894 pada Senin (5/8/2024).

Pejabat Ukraina mengatakan Kyiv baru-baru ini menenggelamkan kapal selam Rusia di Krimea.

Mereka juga menghantam lapangan terbang Rusia dan menghancurkan pertahanan jembatan Kerch selama akhir pekan.

Peristiwa lainnya yaitu, Ukraina mengumumkan evakuasi wajib bagi anak-anak dan wali mereka dari wilayah Donetsk, tempat Rusia mengklaim telah menguasai wilayah tersebut.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-894: 

"Di pelabuhan Sevastopol, Rostov-on-Don – kapal selam kelas Kilo milik armada Laut Hitam Rusia – diserang dan ditenggelamkan," kata staf umum militer Ukraina.

Kyiv juga menyerbu lapangan terbang Rusia, dan menghancurkan pertahanan jembatan Kerch selama akhir pekan.

Staf umum menambahkan bahwa pasukan Ukraina menyerang lapangan terbang Morozovsk di wilayah Rostov Rusia dengan rentetan serangan pesawat nirawak besar-besaran, meledakkan gudang-gudang yang menyimpan amunisi termasuk bom udara berpemandu.

BERITA TERKAIT

"Sebuah kompleks rudal antipesawat S400 yang melindungi jembatan Kerch ilegal yang menghubungkan Krimea dengan Rusia terkena serangan," pejabat Ukraina mengumumkan.

Pemantauan satelit NASA menunjukkan kebakaran besar di lapangan terbang tersebut.

  • Gubernur di wilayah Belgorod, Rusia, mengatakan seorang wanita tewas dalam serangan pesawat nirawak Ukraina di sebuah gedung apartemen di kota Shebekino pada hari Minggu.

"Pesawat nirawak Ukraina juga merusak beberapa gedung lain di kota itu," katanya.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-893: Zelensky Puji Pasukannya usai Serang Depot Minyak

Ukraina membantah menyerang sasaran sipil di dalam wilayah Rusia.

  • Ukraina telah mengumumkan evakuasi wajib bagi anak-anak dan wali mereka dari wilayah-wilayah di wilayah Donetsk tempat Rusia mengklaim telah menguasai wilayah tersebut.

“Musuh mengebom kota-kota dan desa-desa di komunitas-komunitas ini setiap hari, jadi diputuskan untuk mengevakuasi anak-anak bersama orang tua mereka atau perwakilan hukum lainnya,” kata Gubernur Donetsk, Vadym Filashkin.

Ia mengutip Kota Novogrodovka, sekitar 20 kilometer dari desa Novoselivka Persha, yang diklaim telah direbut Rusia pada hari Minggu.

Filashkin mengatakan 744 anak-anak dan keluarga mereka harus direlokasi ke empat wilayah Ukraina.

  • Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky telah difoto bersama jet tempur F-16 saat ia secara resmi mengakui kedatangan mereka di Ukraina, tulis Deborah Cole .

Presiden Ukraina bertemu dengan pilot militer di pangkalan udara yang diapit oleh dua jet, dengan dua lagi terbang di atasnya.

"Saya bangga dengan orang-orang kita yang menguasai jet-jet ini dan telah mulai menggunakannya untuk negara kita," kata Zelenskiy.

  • Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, akan mengunjungi Malawi, Zambia, dan Mauritius minggu ini dalam upaya untuk menggalang dukungan, kata kementeriannya pada hari Minggu (4/8/2024).

“Di antara topik-topik utama adalah partisipasi negara-negara Afrika dalam upaya global untuk memulihkan perdamaian yang adil bagi Ukraina dan dunia.”

Rezim militer Mali mengatakan pada Minggu (4/8/2024) bahwa mereka memutuskan hubungan diplomatik dengan Ukraina.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas