Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Video Pasukan Israel Ledakkan Markas Gerakan Fatah Saat Menyerbu Nablus di Tepi Barat

Pasukan Israel menyerbu wilayah Kamp Balata di tengah baku tembak, bom suara, dan gas, dan dilanjutkan dengan meledakkan markas gerakan Fatah

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Video Pasukan Israel Ledakkan Markas Gerakan Fatah Saat Menyerbu Nablus di Tepi Barat
khaberni
Tangkap layar video peledakan Markas gerakan Fatah oleh pendudukan Israel saat menyerbu kawasan Kamp Balata, wilayah Nablus, Tepi Barat, Rabu (7/8/2024). 

Video Pasukan Israel Ledakkan Markas Gerakan Fatah Saat Menyerbu Nablus di Tepi Barat

TRIBUNNEWS.COM - Sumber-sumber Palestina melaporkan, pasukan pendudukan Israel (IDF) meledakkan markas besar gerakan Fatah, Rabu (7/8/2024) saat mereka menyerbu kamp Balata, sebelah timur Nablus di Tepi Barat.

Badan Berita dan Informasi Palestina (Wafa) mengutip sumber yang mengatakan, “Pasukan pendudukan Israel menyerbu wilayah timur Jalan Al-Quds dan pos pemeriksaan militer Beit Furik, disertai dengan buldoser, dan menggerebek sejumlah rumah di wilayah Kamp Balata di tengah baku tembak, bom suara, dan gas, dan dilanjutkan dengan meledakkan markas gerakan Fatah di tengah kamp.”

Baca juga: Media AS: Tentara Israel Frustasi dan Kelelahan di Gaza Saat Harus Menyerbu Hizbullah di Lebanon

Laporan menunjukkan kalau markas besar gerakan Fatah telah menjadi sasaran operasi pengeboman dan bombardemen sebelumnya.

"Setelah menyerbu di wilayah timur kota, beberapa kendaraan militer (israel) juga menyerbu kota dari daerah Jabal al-Tur, dan melakukan penggerebekan di sejumlah lingkungan di Kota Tua dan memotret beberapa situasi di sana, tanpa mencatat adanya korban jiwa," tulis laporan Khaberni mengutip Wafa.

Di bawah ini adalah video peledakan Markas Gerakan Fatah oleh IDF:

Ikut Bergabung dalam Perlawanan 

Perlawanan milisi Palestina di Tepi Barat kini meluas dan tidak hanya melibatkan dua faksi besar, Hamas dan PIJ, namun juga mulai mengusik gerakan Fatah untuk ikut bergabung melawan Israel.

BERITA TERKAIT

Sepanjang Juli kemarin, bentrokan sengit meletus antara pejuang perlawanan dan pasukan Pendudukan Israel menyusul serangan ke kamp pengungsi Nur Shams di Tulkarem, Tepi Barat bagian utara,

Brigade Martir Al-Aqsa, sayap militer gerakan Fatah, mengumumkan pada awal Juli kalau para petempur mereka terlibat dalam konfrontasi bersenjata yang intens dengan pasukan Israel.

Baca juga: Penyergapan Jenin Adalah Keajaiban Militer, Tanpa Terowongan Pun Tentara Israel Ambrol Bak di Gaza

Bentrokan dimulai setelah pasukan Pendudukan Israel, disertai kendaraan militer dan buldoser, menyerbu kota tersebut.

Pendudukan Israel memberlakukan pengepungan di pintu masuk kamp Nur Shams pada Senin pagi, mengerahkan penembak jitu di atap-atap bangunan tempat tinggal.

Situasi masih tegang karena pejuang perlawanan dan pasukan Israel terus terlibat baku tembak besar-besaran.

Baca juga: Ksatria Malam Brigade Martir Al Aqsa Libas IDF di Nablus, Batalyon Hamas-Fatah-PIJ Gabung di Tulkarm

Anggota gerakan Jihad Islam Palestina (PIJ) atau Brigade Al-Quds mengacungkan senjatanya, berparade di jalan-jalan Kota Gaza pada 5 Januari 2022.
Anggota gerakan Jihad Islam Palestina (PIJ) atau Brigade Al-Quds mengacungkan senjatanya, berparade di jalan-jalan Kota Gaza pada 5 Januari 2022. (Mahmud ham / AFP)

Gabungkan Kekuatan

Pada Selasa (25/6/2024), milisi perlawanan Palestina menyatukan serangan di Tepi Barat dalam menanggapi serangan pasukan pendudukan Israel.

Operasi gabungan itu dilakukan dalam rangkaian operasi yang melibatkan bahan peledak dan tembakan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas