Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

OKI Anggap Israel Bertanggung Jawab atas 'Eskalasi yang Kejam' saat Teheran Berjanji untuk Membalas

Organisasi Kerja Sama Islam atau OKI menganggap Israel bertanggung jawab atas 'eskalasi yang kejam' saat Teheran memperbarui janji untuk menanggapi.

Editor: Muhammad Barir
zoom-in OKI Anggap Israel Bertanggung Jawab atas 'Eskalasi yang Kejam' saat Teheran Berjanji untuk Membalas
OIC
Sekjen OKI, Hissein Brahim Taha (kanan) bertemu dengan Penjabat Menteri Luar Negeri Iran Ali Bagheri Kani 

OKI Anggap Israel Bertanggung Jawab atas 'Eskalasi yang Kejam' saat Teheran Berjanji untuk Membalas

TRIBUNNEWS.COM- Organisasi Kerja Sama Islam atau OKI menganggap Israel bertanggung jawab atas 'eskalasi yang kejam' saat Teheran memperbarui janji untuk menanggapi.

Media Arab melaporkan pada hari Kamis bahwa Barat mengajukan proposal baru untuk mengakhiri perang di Gaza dengan imbalan Iran dan Hizbullah menarik kembali pembalasan mereka terhadap Israel.

Menteri Luar Negeri Iran Ali Bagheri Kani mengulangi janji Teheran untuk menanggapi serangan Israel terhadap ibu kotanya pada pertemuan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), yang diadakan di kota Jeddah, Saudi pada 7 Agustus.

Bagheri Kani mengatakan Iran akan menanggapi pembunuhan Ismail Haniyeh “pada waktu yang tepat” dan dengan cara yang “tepat”.

Ia juga mengatakan kepada negara-negara anggota bahwa dukungan mereka terhadap hak Iran untuk menanggapi serangan Israel “diharapkan”.

“Tindakan Iran tidak hanya merupakan upaya membela kedaulatan dan keamanan nasionalnya sendiri, tetapi juga upaya membela stabilitas dan keamanan seluruh kawasan,” imbuh menteri luar negeri tersebut.

BERITA TERKAIT

Atas permintaan pejabat Iran dan Palestina, pertemuan OKI diadakan untuk membahas secara mendesak pembunuhan Haniyeh oleh Israel akhir bulan lalu.

Blok negara-negara Islam tersebut menganggap Israel "sepenuhnya bertanggung jawab" atas "serangan kejam" terhadap Teheran dalam pernyataan penutupnya pada hari Rabu, dengan mengatakan bahwa hal itu "hanya akan meningkatkan ketegangan yang ada yang dapat menyebabkan konflik yang lebih luas."

Ia juga menekankan bahwa "kedaulatan negara-bangsa dan integritas wilayah mereka merupakan salah satu prinsip dasar yang menjadi dasar sistem internasional."

Namun, ia tidak secara terbuka mendukung hak Teheran untuk melakukan pembalasan.

New Arab melaporkan pada hari Kamis bahwa pejabat-pejabat Barat tengah berupaya meyakinkan pihak-pihak regional mengenai proposal baru untuk penyelesaian "komprehensif" yang didasarkan pada penghentian perang di Gaza sebagai imbalan bagi Iran dan Hizbullah yang tidak menanggapi serangan-serangan Israel baru-baru ini terhadap Teheran dan Beirut.

Komandan Hizbullah Fuad Shukr tewas di Beirut di sebuah bangunan tempat tinggal bersama beberapa warga sipil, termasuk anak-anak kecil.

Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah mengatakan dalam sebuah pidato awal minggu ini bahwa tanggapannya terhadap serangan itu sudah pasti.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas