Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mali Perintahkan Duta Besar Swedia Hengkang dalam Waktu 3 Hari

Duta Besar Swedia untuk Bamako diperintahkan untuk meninggalkan Mali dalam waktu 72 jam, Jumat (9/8/2024).

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Mali Perintahkan Duta Besar Swedia Hengkang dalam Waktu 3 Hari
X
Kolonel Assimi Goita, kepala junta militer yang berkuasa di Mali. Duta Besar Swedia untuk Bamako diperintahkan untuk meninggalkan Mali dalam waktu 72 jam, Jumat (9/8/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Duta Besar Swedia untuk Bamako diperintahkan untuk meninggalkan Mali dalam waktu 72 jam, Jumat (9/8/2024).

Kementerian Luar Negeri Mali menyebut alasan Duta Besar Swedia 'diusir' adalah karena pernyataan “bermusuhan” yang dilontarkan seorang menteri Swedia.

Usut punya usut, Mali mengambil tindakan ini setelah Menteri Kerja Sama Pembangunan Internasional dan Perdagangan Swedia, Johan Forssell, mengatakan pemerintah telah memutuskan untuk menghentikan bantuan ke Mali.

"Anda tidak dapat mendukung perang agresi ilegal Rusia terhadap Ukraina dan pada saat yang sama menerima beberapa ratus juta crown setiap tahun dalam bentuk bantuan pembangunan," kata Forssell pada hari Rabu (7/8/2024), mengomentari sebuah posting di X yang mengatakan Mali memutuskan hubungan dengan Ukraina.

Juru bicara Forsell mengatakan bahwa keputusan untuk menghentikan dan menghentikan bantuan pembangunan diambil pada bulan Desember.

Ia menegaskan kalau bantuan kemanusiaan akan terus berlanjut.

Perselisihan diplomatik ini menggarisbawahi pergeseran geopolitik yang lebih luas yang terjadi di kawasan Sahel saat tiga negara yang dipimpin militer – Mali, Burkina Faso, dan Niger – menjauh dari sekutu tradisional Barat menuju Rusia.

BERITA TERKAIT

Pada bulan Juni, karena memburuknya situasi keamanan di Mali, Swedia mengumumkan penutupan kedutaan besarnya di Bamako pada akhir tahun 2024 dan mengatakan Stockholm akan terus mendukung kawasan tersebut dari Dakar, Senegal.

Mali dilanda kerusuhan yang didorong oleh kelompok bersenjata, yang membuat sebagian wilayah negara itu tidak dapat diatur.

Militer negara Afrika Barat itu merebut kekuasaan dalam kudeta tahun 2020 dan telah memprioritaskan upaya merebut kembali kendali atas seluruh negara dari separatis dan kelompok garis keras yang terkait dengan al-Qaeda dan ISIL (ISIS).

Sementara Swedia telah mengerahkan tentara ke wilayah tersebut pada tahun 2022 sebagai bagian dari misi penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa, Stockholm mengatakan akan menarik 220 tentaranya dari misi di Mali.

“Dalam beberapa waktu terakhir, kondisi di negara ini telah berubah, tetapi hingga prajurit terakhir kami pulang, kami akan terus menjalankan operasi seperti biasa,” kata angkatan bersenjata Swedia saat itu.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-888: Ukraina Ngaku Ikut Serang Tentara Wagner Rusia di Mali

Negara-negara Eropa lainnya, termasuk Prancis, menyelesaikan penarikan pasukan mereka dari Mali pada tahun 2022.

Sejak itu, Mali semakin dekat dengan Rusia, dan kelompok tentara bayaran Wagner telah beroperasi di negara itu sejak akhir 2021, menggantikan pasukan Prancis dan pasukan penjaga perdamaian internasional.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas