Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pakar Israel: Iron Dome Gagal Menghancurkan Satu Pun Rudal Iran

Moti Shefer, seorang ahli teknik antariksa Israel telah menekankan kalau Iron Dome adalah 'penipuan' terbesar yang pernah disaksikan dunia.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Pakar Israel: Iron Dome Gagal Menghancurkan Satu Pun Rudal Iran
mehrnews
Rudal dari peluncur sistem pertahanan terpadu Iron Dome Israel meluncur untuk mencegat serangan udara. Iron Dome belakangan dikritik karena dinilai tak mampu menjatuhkan satu pun rudal saat Iran membalas pada April 2024 silam. 

Pakar Israel: Iron Dome Gagal Menghancurkan Satu Pun Rudal Iran

TRIBUNNEWS.COM - Entitas Israel dilaporkan mengakui kalau sistem pertahanan terpadu, Iron Dome tidak mampu menghancurkan bahkan satu pun rudal Iran saat serangan balasan Teheran terhadap Israel pada April silam.

Pembalasan Iran atas pengeboman Israel ke konsulat mereka di Suriah itu dijuluki "Operasi True Promise."

Moti Shefer, seorang ahli teknik antariksa Israel telah menekankan kalau Iron Dome adalah 'penipuan' terbesar yang pernah disaksikan dunia.

Baca juga: Media Israel: Angkatan Laut Garda Revolusi Iran Punya Rudal-Rudal Baru Berdaya Ledak Tinggi

Pertahanan udara rezim Israel, kata dia, tidak menembak jatuh satu pun rudal Iran selama Operasi True Promise, meskipun mereka menembakkan 500 rudal dari Iron Dome.

"Juru bicara militer Israel itu berbohong atau tidak tahu apa-apa," tambah Shefer dilansir MNA, dikutip Sabtu (10/8/2024).

Ia lebih lanjut merujuk pada serangan oleh Gerakan Perlawanan Hizbullah Lebanon, dengan mengatakan bahwa rudal Hizbullah telah menyebabkan sejumlah besar kerusakan di wilayah pendudukan dan para pejabat Israel tidak mampu mengendalikan situasi ini.

Baca juga: Pidato Yahya Sinwar: Hamas Tak akan Pernah Memutus Hubungan dengan Iran dan Poros Perlawanan

(FOTO ILUSTRASI) Pengawal Revolusi Iran Meluncurkan Drone Kamikaze dan Rudal Balistik, menunjukkan ledakan menerangi langit di Hebron dan Tel Aviv selama serangan Iran terhadap Israel. Minggu (14/4/2024). Pengawal Revolusi Iran mengkonfirmasi bahwa serangan pesawat tak berawak dan rudal sedang dilakukan terhadap Israel, sebagai pembalasan atas serangan pesawat tak berawak yang mematikan pada tanggal 1 April di konsulatnya di Damaskus. (Twitter-X / HO)
(FOTO ILUSTRASI) Pengawal Revolusi Iran Meluncurkan Drone Kamikaze dan Rudal Balistik, menunjukkan ledakan menerangi langit di Hebron dan Tel Aviv selama serangan Iran terhadap Israel. Minggu (14/4/2024). Pengawal Revolusi Iran mengkonfirmasi bahwa serangan pesawat tak berawak dan rudal sedang dilakukan terhadap Israel, sebagai pembalasan atas serangan pesawat tak berawak yang mematikan pada tanggal 1 April di konsulatnya di Damaskus. (Twitter-X / HO) (Twitter-X/Twitter-X)

Baru Kerahkan 20 Persen Kekuatan

BERITA TERKAIT

Pada dini hari tanggal 14 April, Pasukan Dirgantara IRGC meluncurkan puluhan rudal dan pesawat nirawak terhadap target militer di wilayah pendudukan sebagai balasan atas serangan udara rezim Israel pada tanggal 1 April di bagian konsuler kedutaan besar Iran di Damaskus.

Dalam sebuah wawancara dengan harian Iran, ‘Iran’ pada bulan Mei, Komandan Markas Besar Khatam al-Anbia Mayor Jenderal Gholam Ali Rashid memberikan rincian tentang ‘Operasi Janji Sejati’ yang dilakukan angkatan bersenjata Iran terhadap target militer Israel.

Jenderal Rashid mengatakan hanya satu divisi dari Pasukan Dirgantara Korps Garda Revolusi Islam yang ditugaskan untuk melaksanakan operasi tersebut, sementara unit tunggal itu pun hanya mengerahkan 20 persen kekuatan ofensifnya dalam operasi tersebut.

Di sisi lain, AS, NATO, CENTCOM, dan rezim Israel telah menyiapkan 240 jet tempur, sementara berbagai sistem pertahanan udara antirudal kapal perang AS di Laut Mediterania dan Laut Merah, serta sistem antirudal rezim Zionis, bersiaga, katanya.

Jenderal tersebut mengatakan bahwa satu divisi Pasukan Dirgantara IRGC sebetulnya siap untuk melepaskan sisa 80 persen kekuatan ofensifnya dan meluncurkan gelombang serangan lain berdasarkan perintah.

Namun, para komandan Iran menyimpulkan bahwa operasi tersebut cukup untuk menghukum rezim Zionis, kata jenderal tersebut.

"Dukungan yang diberikan AS, Inggris, Prancis, dan pemerintah Eropa untuk rezim Israel mengingatkan kita pada Perang Salib," tambahnya. 

Rudal dari peluncur sistem pertahanan terpadu Iron Dome Israel
Rudal dari peluncur sistem pertahanan terpadu Iron Dome Israel meluncur untuk mencegat serangan udara. Iron Dome belakangan dikritik karena dinilai tak mampu menjatuhkan satu pun rudal saat Iran membalas pada April 2024 silam.

Houthi Pastikan Iran dan Poros Perlawanan akan Membalas Israel

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas