Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hamas: Mohammad Deif, Pria dengan Sembilan Nyawa Masih Hidup, Yahya Sinwar Masih Bugar

Deif, yang dikenal berhasil selamat dari tujuh kali percobaan pembunuhan, disebut sebagai "Ahli Penyamaran" dan "Pria dengan Sembilan Nyawa."

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Hamas: Mohammad Deif, Pria dengan Sembilan Nyawa Masih Hidup, Yahya Sinwar Masih Bugar
Hazem Bader/AFP melalui Getty Images
Hanya sedikit gambar Mohammed Deif, pemimpin serangan Hamas dari Brigade Al Qassam terhadap Israel, termasuk siluet bayangan dari sosok yang sulit ditangkap. 

Hamas: Mohammad Deif, Pria dengan Sembilan Nyawa Masih Hidup

TRIBUNNEWS.COM - Osama Hamdan, pejabat senior Hamas, pada Kamis (15/8/2024) membantah laporan yang menyebut kalau Mohammad Deif, kepala sayap militer Hamas, Brigade Al-Qassam, tewas dalam serangan udara Israel di Gaza.

Tentara Pendudukan Israel (IDF) mengklaim kalau Mohammad Deif tewas dalam sebuah serangan udara, namun Hamdan menegaskan kalau Deif masih hidup.

Baca juga: Israel Klaim Lenyapkan Komandan Al Qassam Muhammad Al-Deif, Kejanggalan Berbau Propaganda




Hamdan menuduh Israel meningkatkan serangan terhadap para pemimpin Hamas setelah kelompok tersebut menerima usulan gencatan senjata baru-baru ini.

Deif, yang dikenal berhasil selamat dari tujuh kali percobaan pembunuhan, disebut sebagai "Ahli Penyamaran" dan "Pria dengan Sembilan Nyawa."

The Jewish Chronicle, surat kabar mingguan Yahudi yang berbasis di London, melaporkan rincian baru tentang percobaan pembunuhan terhadap Deif lebih dari dua minggu lalu.

Laporan itu mengungkap bahwa tentara Israel yang menyamar sebagai pengemis dan pedagang sayur terlibat dalam upaya pembunuhan tersebut.

BERITA TERKAIT

Hamdan juga menanggapi laporan media yang menunjukkan adanya kesulitan dalam berkomunikasi dengan pimpinan Hamas, termasuk Yahya Sinwar.

Dia menyiratkan, kondisi Yahya Sinwar dalam kondisi bugar dan mampu memimpin organisasi secara baik.

"Ia (Hamdan) menjelaskan bahwa meskipun ada tantangan akibat agresi yang sedang berlangsung, komunikasi tetap efektif dan pimpinan mengelola organisasi secara baik," tulis laporan RNTV.

Dalam gambar arsip yang diambil pada tanggal 14 Desember 2022, Yahya Sinwar, yang saat itu menjabat sebagai kepala gerakan Hamas Palestina di Jalur Gaza, melambaikan tangan kepada para pendukungnya selama rapat umum yang menandai ulang tahun ke-35 berdirinya kelompok tersebut, di Kota Gaza. - Menteri luar negeri Israel telah menyerukan untuk
Dalam gambar arsip yang diambil pada tanggal 14 Desember 2022, Yahya Sinwar, yang saat itu menjabat sebagai kepala gerakan Hamas Palestina di Jalur Gaza, melambaikan tangan kepada para pendukungnya selama rapat umum yang menandai ulang tahun ke-35 berdirinya kelompok tersebut, di Kota Gaza. - Menteri luar negeri Israel telah menyerukan untuk "segera menyingkirkan" Yahya Sinwar, yang ditunjuk oleh Hamas pada tanggal 6 Agustus 2024 sebagai pemimpin politik baru kelompok militan tersebut menggantikan Ismail Haniyeh yang tewas di Teheran minggu lalu. (Photo by MOHAMMED ABED / AFP) (AFP/MOHAMMED ABED)

Kopi Sinwar Masih Panas

Terkait perburuan Yahya Sinwar, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengaku hampir menangkap Kepala Biro Politik Hamas Yahya Sinwar di sebuah terowongan di Jalur Gaza.

Menurut IDF, andai saja mereka tidak terlambat “beberapa menit”, Yahya Sinwar bisa ditangkap.

“Kami sudah dekat. Kami berada di kompleksnya. Kami memasuki kompleks bawah tanah. Kompleksnya ‘panas,’” ujar Komandan Divisi Ke-98 IDF Brigjen Goldfus pada hari Minggu, (11/8/2024), dikutip dari The Times of Israel.

Goldfus mengklaim pihaknya menemukan banyak uang di dalam kompleks tersebut.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas