Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Amerika Siapkan Rudal AIM-174B Penghancur Jet AU Tiongkok, Antisipasi Perang di Laut China Selatan

Kehadiran rudal AIM-174B nantinya diharapkan memberikan militer AS dan sekutunya keunggulan kompetitif atas militer China.

Penulis: Malvyandie Haryadi
zoom-in Amerika Siapkan Rudal AIM-174B Penghancur Jet AU Tiongkok, Antisipasi Perang di Laut China Selatan
Ist
Militer Amerika Serikat telah mengembangkan rudal udara ke udara (Air to air missile) terbaru dengan jarak jangkau hingga 400 Km. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Amerika Serikat telah mengembangkan rudal udara ke udara (Air to air missile) terbaru dengan jarak jangkau hingga 400 Km.

Hal ini dilakukan Amerika mengantisipasi ketegangan di Indo-Pasifik dengan China yang juga terus menggenjot kemampuan militernya.

Kehadiran rudal AIM-174B nantinya diharapkan memberikan militer AS dan sekutunya keunggulan kompetitif atas militer China.




Dalam tulisannya, Sakshi Tiwari, analis pertahanan dari India menjelaskan, pada pertempuran modern, kemampuan untuk melakukan serangan jarak jauh menjadi sangat penting secara strategis.

"Terutama ketika musuh Anda adalah China yang membanggakan jaringan Anti Access/Area Denial (A2/AD) yang canggih di sepanjang garis pantainya, yang mengklaim wilayah udaranya hampir tidak dapat ditembus," tulisnya di Eurasian Times.

Ia menyebut, dengan semakin banyaknya negara di kawasan Indo-Pasifik yang memperoleh kemampuan serangan jarak jauh, tampaknya kawasan tersebut berada di titik puncak peperangan rudal baru.

Misalnya, sekutu utama AS di Indo-Pasifik, termasuk Jepang dan Australia, telah memperoleh rudal jarak jauh Tomahawk dan SM-6 dari AS. Korea Selatan juga telah mendapat persetujuan untuk membeli SM-6.

BERITA TERKAIT

Selain dua rudal permukaan dan laut yang telah mengguncang Tiongkok, Amerika Serikat baru-baru ini memperkenalkan rudal udara-ke-udara jarak jauh, AIM-174B, yang dengan cepat menarik perhatian di kawasan Indo-Pasifik.

AIM-174B, yang secara resmi diakui pada bulan Juli 2024, adalah rudal jarak terjauh yang pernah digunakan oleh Amerika Serikat.

Analis berpendapat bahwa pengenalan rudal udara-ke-udara jarak jauh yang canggih oleh Angkatan Laut Amerika Serikat di Indo-Pasifik berpotensi menetralisir dominasi udara China.

Perkembangan ini merupakan bagian dari peningkatan fokus pada proyeksi kekuatan sebagai respons terhadap meningkatnya ketegangan regional, seperti yang baru-baru ini dirinci dalam laporan Reuters yang komprehensif.

Pada tanggal 2 Juli 2024, dua rudal AIM-174B — versi peluncuran udara dari rudal SM-6 — yang dibawa oleh F/A-18E Super Hornet dari VFA-192 “Golden Dragons” di kapal induk USS Carl Vinson difoto saat pesawat itu meluncur di Pangkalan Gabungan Pearl Harbor-Hickam, Hawaii.

Sebutan AIM-174B pada rudal tersebut menunjukkan bahwa rudal tersebut adalah rudal udara-ke-udara dengan jangkauan yang sangat jauh.

Efektivitas tempur Angkatan Laut AS akan ditingkatkan melalui penggabungan varian rudal yang diluncurkan dari udara dengan pesawat Super Hornet-nya.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas