Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Video Terowongan Hizbullah Mengancam Israel, Menyisakan Banyak Hal Rahasia yang Tidak Diketahui

Video terbaru dari kelompok Hizbulah Lebanon mengungkap jaringan terowongan yang luas. Jaringan terowongan yang dapat digunakan Hizbullah.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Video Terowongan Hizbullah Mengancam Israel, Menyisakan Banyak Hal Rahasia yang Tidak Diketahui
via Al Mayadeen
Tangkapan layar video yang dirilis Hizbullah, menampilkan sistem jaringan terowongan bawah tanah 

Video Terowongan Hizbullah Ancam Israel, Menyisakan Banyak Hal Rahasia yang Tidak Diketahui

TRIBUNNEWS.COM- Video terbaru dari kelompok Hizbulah Lebanon mengungkap jaringan terowongan yang luas.

Jaringan terowongan yang dapat digunakan Hizbullah untuk melawan Israel.




Video yang dibuat dengan apik itu menunjukkan para pejuang mengendarai truk-truk besar dan sepeda motor melalui jalan-jalan bawah tanah yang terang benderang.

Beberapa truk membawa apa yang tampak seperti rudal, dan saat kendaraan melaju, menjadi jelas apa yang sedang diungkapkan oleh pembuat video tersebut – kelompok bersenjata Lebanon, Hizbullah.

Jaringan terowongan luas yang digunakan untuk menyimpan dan meluncurkan rudal dan apa yang tentunya akan menjadi sumber daya vital dalam konflik apa pun dengan Israel.

Video tersebut, yang diungkap minggu lalu dan diberi judul Gunung Kami, Harta Karun Kami.

BERITA TERKAIT

Video berfungsi sebagai peringatan bahwa Hizbullah dapat menggunakan gudang senjatanya yang luas dan tersembunyi untuk membalas dendam terhadap Israel jika negara itu melancarkan operasi besar terhadap kelompok tersebut, kata para analis kepada Al Jazeera.

“Ini adalah pesan kepada Israel [dari Hizbullah]: Kami baru saja menyentuh permukaan dari jenis kerusakan yang dapat kami timbulkan kepada Anda,” kata Nicholas Blanford, seorang pakar Hizbullah dan seorang peneliti di Atlantic Council, sebuah lembaga pemikir yang berkantor pusat di Washington, DC.

Sejak 8 Oktober, Hizbullah dan Israel telah terlibat dalam konflik perbatasan berskala kecil.

Gerakan Hizbullah Lebanon tersebut mengatakan bahwa tujuan mereka saat ini adalah untuk mengurangi tekanan terhadap Gaza, tempat Israel telah menewaskan lebih dari 40.000 orang dan mengusir hampir seluruh dari 2,3 juta penduduknya dalam perang di daerah kantong Palestina tersebut selama 10 bulan terakhir.

Perang dimulai pada tanggal 7 Oktober setelah serangan yang dipimpin oleh kelompok Palestina Hamas di Israel selatan, yang menyebabkan 1.139 orang tewas dan sekitar 250 orang ditawan.

Hizbullah telah lama mengatakan akan menghentikan serangan ke Israel utara jika Israel menyetujui gencatan senjata dengan Hamas di Gaza.

Namun, Israel telah berulang kali menghalangi upaya gencatan senjata dan malah meningkatkan serangan terhadap Hizbullah dan masyarakat Lebanon.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas