Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Antony Blinken: Israel Terima Kesepakatan Gencatan Senjata, Peringatkan Hamas, Harus Bilang 'Ya'

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken mengatakan Hamas mungkin kehabisan peluang untuk melakukan gencatan senjata.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Antony Blinken: Israel Terima Kesepakatan Gencatan Senjata, Peringatkan Hamas, Harus Bilang 'Ya'
Tangkapan Layar Video X/Twitter
Menlu AS Antony Blinken saat Bertemu dengan Presiden Israel Isaac Herzog pada Senin (19/8/2024) 

Antony Blinken: Israel Terima Kesepakatan Gencatan Senjata, Peringatkan Hamas, Harus Bilang 'Ya'

TRIBUNNEWS.COM- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken mengatakan Hamas mungkin kehabisan peluang untuk melakukan gencatan senjata.

Menteri Luar Negeri AS mengatakan Israel telah menyetujui kesepakatan gencatan senjata pada hari Senin. Sekarang saatnya Hamas menerimanya, kata Blinken.




Diplomat tertinggi AS, Antony Blinken, memperingatkan bahwa usulan gencatan senjata saat ini mungkin merupakan kesempatan terakhir Hamas untuk mengakhiri perang 10 bulan dengan Israel.

Menteri Luar Negeri AS, yang sedang dalam perjalanan ke Timur Tengah di tengah konflik, mengatakan kepada wartawan pada hari Senin bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menyetujui "proposal penghubung" baru untuk kesepakatan gencatan senjata.

Blinken mengatakan, tanggung jawab kini berada pada Hamas untuk menyetujuinya.

Blinken bahkan melangkah lebih jauh dengan mengisyaratkan bahwa kelompok militan Palestina mungkin tidak akan mendapat kesempatan lagi untuk membuat kesepakatan dengan Israel.

BERITA TERKAIT

"Ini adalah momen yang menentukan — mungkin kesempatan terbaik, mungkin yang terakhir, untuk membawa para sandera pulang, untuk mencapai gencatan senjata, dan untuk menempatkan semua orang di jalur yang lebih baik menuju perdamaian dan keamanan yang langgeng," kata Blinken pada hari Senin, menurut The Washington Post .

Namun, ketika ditanya kemudian pada hari itu apakah AS akan berhenti mencoba menegosiasikan kesepakatan jika Hamas tidak menyetujuinya, Blinken mengatakan AS "tidak akan pernah menyerah."

"Tetapi," katanya, "yang kita ketahui adalah ini: Seiring berlalunya hari tanpa adanya kesepakatan, dua hal dapat terjadi. Pertama, tentu saja, lebih banyak sandera yang akan tewas. Kedua, peristiwa-peristiwa yang terjadi dapat membuat keadaan menjadi lebih sulit, jika tidak mustahil."

Blinken menambahkan: "Urgensi yang sangat mendesak saat ini — itulah yang, menurut saya, kita semua rasakan. Dan kami melihat ini sebagai peluang terbaik untuk akhirnya menyelesaikannya."
Perang dimulai pada tanggal 7 Oktober, ketika militan Hamas menyerang Israel selatan dalam serangan lintas perbatasan yang mengejutkan, menewaskan sedikitnya 1.400 orang dan menyandera sedikitnya 200 orang.

Israel menanggapi dengan serangan dahsyat terhadap Hamas — dan telah menewaskan sedikitnya 40.000 warga Palestina , menurut kementerian kesehatan Gaza.

Serangan tersebut telah membawa kehancuran di Jalur Gaza dan menyebabkan hampir seluruh 2 juta penduduk wilayah itu mengungsi .

Pekerja bantuan mengatakan perang telah menciptakan krisis kemanusiaan di Jalur Gaza karena penyakit dan kelaparan telah menyebar .

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas