Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hamas Kecam Usulan Penjembatan AS untuk Gencatan Senjata di Gaza, Bukan yang Kami Setujui, Katanya

Hamas kecam 'usulan penjembatan' AS untuk gencatan senjata di Gaza: 'Bukan apa yang kami setujui' Kata Pemimpin Hamas Osama Hamdan.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Hamas Kecam Usulan Penjembatan AS untuk Gencatan Senjata di Gaza, Bukan yang Kami Setujui, Katanya
X/Twitter
Pejabat senior Hamas Osama Hamdan mengkritik pernyataan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada hari Senin (19/8/2024). 

Hamas Kecam Usulan Penjembatan AS untuk Gencatan Senjata di Gaza, Bukan Apa yang Kami Setujui Kata Pemimpin Hamas Osama Hamdan

TRIBUNNEWS.COM - Hamas mengecam 'usulan penjembatan' AS untuk gencatan senjata di Gaza: 'Bukan apa yang kami setujui'.

Usulan yang didukung AS tersebut mencakup persyaratan baru yang diberlakukan oleh perdana menteri Israel yang tidak dapat diterima oleh Hamas.




Pemimpin Hamas Osama Hamdan mengkritik pernyataan Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken, yang meminta gerakan perlawanan untuk menerima “proposal penghubung” untuk gencatan senjata Gaza yang sedang dibahas oleh para mediator.

Pernyataan Blinken “menimbulkan banyak ambiguitas” karena “bukan apa yang disampaikan kepada kami atau apa yang kami sepakati,” kata Hamdan kepada Reuters pada 19 Agustus malam.

Hamdan menambahkan bahwa Hamas telah memberi tahu para mediator bahwa mereka “tidak memerlukan perundingan gencatan senjata Gaza yang baru; kami perlu menyetujui mekanisme implementasi.”

“Kami hanya menyetujui proposal yang diajukan oleh [Presiden AS Joe] Biden, dan pemerintah AS gagal meyakinkan Netanyahu tentang hal itu. Israel telah menarik diri dari isu-isu yang termasuk dalam proposal Biden,” kata Hamdan dalam wawancara terpisah dengan Al Jazeera pada Senin malam.

BERITA TERKAIT

Pembicaraan tentang Netanyahu yang menyetujui proposal yang diperbarui berarti bahwa pemerintah AS gagal meyakinkannya tentang perjanjian [awal].

Yang dilakukan pihak Amerika hanyalah membeli waktu agar genosida terus berlanjut. Kami hanya ingin melaksanakan proposal Presiden Biden yang telah kami setujui. Kami tidak tahu persis proposal terbaru yang sedang dibahas, tetapi delegasi Israel yang pergi ke Doha mengajukan persyaratan yang melanggarnya,” tambahnya.

Presiden AS Joe Biden menuduh Hamas pada hari Selasa “menjauh” dari kesepakatan gencatan senjata.

Hamas menanggapi dengan pernyataan resmi yang mengatakan bahwa pernyataan Biden dan Blinken menimbulkan “keheranan dan ketidaksetujuan yang besar,” menyebutnya “menyesatkan” dan “lampu hijau baru bagi AS bagi [Israel] untuk melakukan lebih banyak kejahatan.”

Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP) juga mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa bahwa Blinken “memberikan mandat baru kepada pemerintah pendudukan Israel untuk menyelesaikan agresi dan perang genosida terhadap Jalur Gaza.”

Dalam konferensi pers di Tel Aviv pada hari Senin, Blinken mengatakan bahwa dia mengadakan “pertemuan yang sangat konstruktif” dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Perdana Menteri “menegaskan kepada saya bahwa Israel menerima proposal penjembatan [yang dicapai oleh para mediator dalam perundingan Qatar minggu lalu] untuk mencoba menjembatani kesenjangan yang masih ada di antara kedua belah pihak.”

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas