Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sandera Israel Tak Jadi Prioritas, Netanyahu Pilih Pertahankan Kendali atas Koridor Philadelphia

Benjamin Netanyahu lebih memilih mempertahankan kendali atas koridor Philadelphia, ketimbang memulangkan sandera Israel.

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Sandera Israel Tak Jadi Prioritas, Netanyahu Pilih Pertahankan Kendali atas Koridor Philadelphia
Allison Bailey / NurPhoto / NurPhoto melalui AFP
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan pidato kontroversial pada sesi gabungan Kongres di Washington, DC, 24 Juli 2024. akil Presiden Kamala Harris dan para pemimpin Senat Demokrat menolak untuk menghadiri pidato Netanyahu, dan banyak anggota Kongres memboikot sesi tersebut. Jutaan orang Amerika keberatan dengan respons Israel terhadap pembunuhan 1.200 warganya oleh Hamas pada 7 Oktober 2023. Pembalasan Israel telah menewaskan lebih dari 38.000 warga Palestina, melukai lebih dari 88.000 orang, dan membuat sekitar 1,9 juta orang mengungsi, menurut PBB - Benjamin Netanyahu lebih memilih mempertahankan kendali atas koridor Philadelphia, ketimbang memulangkan sandera Israel. 

TRIBUNNEWS.com - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, tampaknya tak menjadikan sandera Israel sebagai prioritas dalam pembicaraan negosiasi gencatan senjata dengan Gerakan Perlawanan Palestina, Hamas.

Kepada anggota senior tim negosiasi baru-baru ini, Netanyahu mengatakan dia "lebih memilih Koridor Philadelphia jika harus memilih antara sandera dan mempertahankan kendali atas koridor tersebut," menurut Channel 12 Israel, dilansir Al Mayadeen.

Sebagai informasi, Koridor Philadelphia, yang juga dikenal sebagai Poros Salah al-Din, adalah wilayah dengan luas sekitar 14 kilometer di sepanjang perbatasan antara Mesir dan Jalur Gaza, dikutip dari Egypt Today.




Koridor ini membentang dari Laut Mediterania di utara hingga persimpangan Kerem Shalom di selatan.

Di saat yang sama, Juru Bicara Militer Israel, Daniel Hagari, mengungkapkan pihaknya sedang bekerja maksimal untuk bisa menciptakan kondisi yang menguntungkan, di mana sandera di Jalur Gaza, bisa dipulangkan.

"Pekerjaan sedang berlangsung sepanjang waktu untuk menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi pemulangan semua sandera dari Gaza," ungkapnya.

Meski demikian, Hagari mengakui kegagalan dari pihaknya dalam "memulangkan semua sandera melalui operasi militer."

BERITA TERKAIT

Ia mengumumkan penyelidikan akan dilakukan terhadap kematian enam sandera Israel yang jasadnya ditemukan di terowongan di Khan Younis, Gaza selatan, Selasa (20/8/2024).

Menurut Hagari, kematian enam sandera itu "masih belum jelas".

Sementara itu, surat kabar Israel, Yedioth Ahronoth, melaporkan enam sandera itu diduga tewas akibat kebocoran gas di terowongan tersebut selama serangan Israel berlangsung.

Kematian para sandera itu dikaitkan dengan serangan militer Israel, kata harian itu, tanpa mengungkapkan sumber informasi tersebut.

Baca juga: Eks Jenderal Israel: Kami Tak Siap Hadapi Rudal Iran dan Proksinya, Seluruh Negara Akan Hancur

Yedioth Ahronoth mengklaim insiden itu terjadi sekitar enam bulan lalu, selama serangan militer Israel Divisi ke-98 di Khan Younis.

Bukti yang dikumpulkan dari tempat kejadian pada Senin (19/8/2024) malam dan Selasa, mendukung penilaian awal ini, yang masih diselidiki, kata harian tersebut.

Laporan itu mengklaim tentara Israel tidak menargetkan terowongan secara langsung tempat para sandera disekap, melainkan menyerang target Hamas di dekatnya.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas