Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Media Israel: Netanyahu Janji ke AS Tarik Mundur Pasukan IDF 1 Kilometer dari Poros Philadelphia

Netanyahu berjanji ke Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk menarik mundur pasukan Israel (IDF) sejauh satu kilometer dari poros Philadelphia.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Media Israel: Netanyahu Janji ke AS Tarik Mundur Pasukan IDF 1 Kilometer dari Poros Philadelphia
jcpa
MAU DIKUASAI ISRAEL - Posisi Koridor Philadelphia (alias Poros Salah Al-Din) di Jalur Gaza di sepanjang perbatasan dengan Mesir. Wilayah ini mau dikuasai Israel dengan dalih untuk sepenuhnya mengontrol pergerakan Hamas di Jalur Gaza. 

Media Israel: Netanyahu Janji ke AS Tarik Mundur Pasukan 1 Kilometer dari Poros Philadelphia

TRIBUNNEWS.COM - Channel 12 Israel, mengutip sumber, melaporkan perkembangan negosiasi pertukaran sandera antara Gerakan Hamas dan Israel demi gencatan senjata di Gaza.

Sumber tersebut mengatakan kalau Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berjanji kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk menarik mundur pasukan Israel (IDF) sejauh satu kilometer dari poros Philadelphia, selatan Jalur Gaza.

Baca juga: Dikepung 7 Front, Israel Masih Cari Masalah Sama Mesir, Klaim Temukan Terowongan Besar di Perbatasan

Koridor Philadelphia adalah jalur perbatasan penyangga sepanjang 14 kilometer yang memisahkan wilayah Palestina di Jalur Gaza dan Semenanjung Sinai Mesir.

"Ini mewakili wilayah keamanan strategis yang tunduk pada perjanjian bilateral Mesir-Israel, dan kendali atas wilayah tersebut diperebutkan oleh tiga pihak kekuatan: Israel, Mesir, dan Gerakan Perlawanan Palestina (Hamas)," tulis laporna Khaberni, dikutip Sabtu (24/8/2024).

Pekan lalu, Netanyahu menegaskan kalau Israel tidak akan melepaskan kendali atas Koridor Philadelphia, satu di antara sejumlah faktor yang membuat perundingan gencatan senjata kembali berpotensi mengalami kegagalan.

Israel belum setuju untuk menarik pasukannya dari apa yang disebut koridor Philadelphi di sepanjang perbatasan antara Mesir dan Gaza, kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Rabu, membantah laporan televisi Israel.

BERITA TERKAIT

"Israel akan bersikeras pada pencapaian semua tujuannya dalam perang, sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Kabinet Keamanan, termasuk bahwa Gaza tidak akan pernah lagi menjadi ancaman keamanan bagi Israel. Ini memerlukan pengamanan perbatasan selatan," kata kantor Netanyahu dalam sebuah pernyataan.

Koridor Philadelphia menjadi penghalang kesepakatan Gencatan Senjata antara Israel dan Hamas.

Perundingan yang digelar di Doha, Qatar makin alot dan tak kunjung mencapai kata sepakat.

Israel ingin mempertahan koridor Philadelphia dalam proposal kesepakatan gencatan senjata di Gaza.

Israel masih ingin mempertahankan kendali atas koridor Philadelphia, berdalih agar area di selatan Jalur Gaza itu tidak dimanfaatkan Hamas untuk membangun terowongan.

Sementara Hamas, menginginkan agar Israel menarik mundur seluruh pasukannya dari wilayah Palestina tersebut.

Baca juga: Kenapa Israel Ngotot Tak Mau Mundur dari Koridor Philadelphia? Tak Mau Mesir Dapat Gas Alam

Peta Koridor Philadelphia dan Penyeberangan Rafah yang ngotot dikuasai Israel dan enggan melepaskan kendali wilayah tersebut ke Mesir.
Peta Koridor Philadelphia dan Penyeberangan Rafah yang ngotot dikuasai Israel dan enggan melepaskan kendali wilayah tersebut ke Mesir. (jn/screencapture)

Netanyahu Tolak Tarik Pasukan dari Perbatasan Gaza-Mesir

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan gencatan senjata 'tidak pasti', dia menolak penarikan pasukan dari perbatasan Gaza-Mesir.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas