Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tunjukkan Dukungan, Hamas Puji Serangan Balasan Hizbullah ke Israel, Beri Peringatan pada AS

Hizbullah telah meluncurkan ratusan roket dan pesawat nirawak untuk membalas serangan Israel.

Penulis: Nuryanti
Editor: Yurika NendriNovianingsih
zoom-in Tunjukkan Dukungan, Hamas Puji Serangan Balasan Hizbullah ke Israel, Beri Peringatan pada AS
Dok. AFPTV 23 Agustus 2024
Ilustrasi - Kepulan asap terlihat di perbatasan Israel-Lebanon. Hizbullah telah meluncurkan ratusan roket dan pesawat nirawak untuk membalas serangan Israel. 

TRIBUNNEWS.COM - Hamas telah menyatakan dukungannya terhadap serangan balasan “yang kuat dan terarah” oleh Hizbullah ke Israel.

Hamas mengatakan, hal ini merupakan 'tamparan di wajah' bagi Israel.

Hizbullah mengatakan telah meluncurkan ratusan roket dan pesawat nirawak untuk membalas pembunuhan salah satu komandan utamanya bulan lalu.




“Terorisme dan kejahatan Israel terhadap rakyat Palestina dan Lebanon tidak akan berlalu tanpa adanya tanggapan, dan tidak akan mencapai tujuan dan rencana agresifnya," kata Hamas, Minggu (25/8/2024), dilansir Al Jazeera.

Hamas menambahkan, pemboman Israel di Lebanon, yang mengakibatkan tewasnya warga sipil, merupakan pelanggaran nyata terhadap semua piagam dan norma internasional.

Hamas juga memperingatkan bahwa Amerika Serikat (AS) “bertanggung jawab penuh” atas segala akibat yang ditimbulkannya.

Baku Tembak Hebat antara Israel dan Hizbullah

Israel dan Hizbullah Lebanon pada hari Minggu melancarkan pertukaran tembakan terberat mereka setelah berbulan-bulan melakukan serangan dan serangan balasan.

BERITA TERKAIT

Serangan itu meningkatkan kekhawatiran akan perang habis-habisan yang berpotensi melibatkan Amerika Serikat, Iran, dan kelompok militan di seluruh kawasan.

Menjelang tengah hari, tampaknya baku tembak telah berakhir, dengan kedua belah pihak mengatakan bahwa mereka hanya menargetkan target militer.

Pihak berwenang Lebanon mengatakan serangan Israel menewaskan tiga orang, sementara tidak ada laporan korban di pihak Israel.

Baca juga: Yaman Puji Operasi Hizbullah Serang Israel dengan Roket Katyusha, Janjikan Balasan Terhadap Israel

Diberitakan AP News, Israel mengatakan sekitar 100 pesawat tempur melancarkan serangan udara yang menargetkan ribuan peluncur roket di Lebanon selatan untuk menggagalkan serangan Hizbullah yang akan segera terjadi.

Hizbullah kemudian mengatakan pihaknya meluncurkan ratusan roket dan pesawat nirawak yang ditujukan ke pangkalan militer dan posisi pertahanan rudal di Israel utara dan Dataran Tinggi Golan yang dianeksasi Israel.

Hizbullah menyebut serangan itu sebagai respons awal terhadap pembunuhan yang disengaja terhadap salah satu anggota pendiri dan komandan utamanya, Fouad Shukur, dalam serangan udara Israel di Beirut bulan lalu.

Dikatakan bahwa tahap pertama serangan, yang akan memungkinkannya untuk melancarkan serangan lebih jauh ke Israel, telah selesai.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas