Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ben Gvir Serukan Bangun Sinagoge di Al-Aqsa, Aliansi Israel dan Negara-negara Muslim dalam Bahaya

Badai politik melanda Israel setelah Ben Gvir menyerukan pembangunan sinagog di Masjid Al-Aqsa.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Ben Gvir Serukan Bangun Sinagoge di Al-Aqsa, Aliansi Israel dan Negara-negara Muslim dalam Bahaya
Tangkap layatAFPTV
Tangkapan layar yang diambil dari rekaman AFPTV menunjukkan Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben Gvir berbicara di kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem pada 17 Juli 2024. 

Ben Gvir Serukan Bangun Sinagoge di Masjid Al-Aqsa, Badai Politik Melanda Israel, Aliansi Strategis Israel & Negara-negara Muslim dalam Bahaya

TRIBUNNEWS.COM- Badai politik melanda Israel setelah Ben Gvir menyerukan pembangunan Sinagoge di Masjid Al-Aqsa

Pejabat Israel mengecam seruan Menteri Keamanan Nasional sebagai perilaku yang 'ceroboh'

Seruan Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir untuk mengizinkan doa orang Yahudi di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem yang diduduki, yang dikenal sebagai Temple Mount bagi orang Yahudi, telah menyebabkan "badai politik," Israel Hayom melaporkan pada tanggal 26 Agustus.

Ben Gvir menyampaikan komentar tersebut dalam wawancaranya pada Senin pagi di Radio Angkatan Darat, dan juga mengklaim bahwa ia “akan mendirikan sinagoge di sana.”

Masjid Al-Aqsa di Yerusalem dianggap sebagai situs tersuci ketiga dalam Islam.

Non-Muslim dapat memasuki kompleks namun tidak diizinkan memasuki masjid.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, umat Yahudi diizinkan berdoa di Tembok Barat kompleks tersebut, yang dipandang sebagai situs tersuci dalam agama Yahudi.

Menyusul komentar Ben Gvir, kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengeluarkan pernyataan yang menegaskan, “Tidak ada perubahan pada status quo Temple Mount.”

"Perdana Menteri Netanyahu harus segera mengendalikan pernyataan Ben Gvir mengenai Temple Mount pagi ini. Kata-katanya yang sembrono membahayakan aliansi strategis Israel dengan negara-negara Muslim, yang membentuk koalisi penting melawan poros kejahatan Iran. Kurangnya penilaiannya dapat menimbulkan konsekuensi berdarah," kata Menteri Dalam Negeri Moshe Arbel dari partai Haredi Shas.

Menteri Pertahanan Yoav Gallant juga mengkritik Menteri Keamanan Nasional. Ia berkata, “Mengganggu status quo Temple Mount adalah tindakan yang berbahaya, tidak perlu, dan tidak bertanggung jawab. Tindakan Ben Gvir mengancam keamanan nasional dan reputasi internasional Israel. Sementara upayanya kemarin untuk melawan serangan Hizbullah memperkuat Israel, deklarasi ini hanya akan melemahkan kita.”

Benny Gantz, pemimpin partai Persatuan Nasional, mengutuk Ben Gvir dalam sebuah pernyataan pada X. “Tidak seorang pun mengharapkan yang lebih baik dari Menteri Ben Gvir, atau dari perdana menteri yang membiarkan orang yang gegabah ini membawa kita ke jurang kehancuran demi kenyamanan politik. Namun, ada elemen-elemen yang bertanggung jawab dalam pemerintahan dan koalisi ini yang dituntut oleh publik untuk bertindak. Kecaman dan basa-basi belaka tidak akan cukup – sejarah akan menghakimi Anda atas peran Anda dalam tindakan yang berbahaya ini.”

Pada tanggal 13 Agustus, Ben Gvir melakukan kunjungan provokatif ke Al-Aqsa bersama Menteri Yitzhak Wasserlauf dari partai Jewish Power dan anggota parlemen Likud Amit Halevi. Rekaman video memperlihatkan Ben Gvir dan yang lainnya sedang berdoa di lokasi tersebut. Polisi Israel, yang dikendalikan Ben Gvir sebagai Menteri Keamanan Nasional, gagal menegakkan kebijakan pemerintah yang melarang orang Yahudi berdoa di lokasi tersebut.

Pada konferensi Knesset bulan Juli yang mempromosikan kunjungan ke lokasi tersebut, Ben Gvir menyatakan, “Saya mewakili eselon politik dan eselon politik menyetujui doa orang Yahudi di Temple Mount.”

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas