Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jenderal AS: Risiko Perang di Utara 'Agak Mereda' setelah Bentrokan Sengit Israel vs Hizbullah

Jenderal AS Charles Q. Brown, Jr. mengklaim risiko perang di perbatasan utara agak mereda setelah bentrokan sengit Israel dan Hizbullah Lebanon.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Sri Juliati
zoom-in Jenderal AS: Risiko Perang di Utara 'Agak Mereda' setelah Bentrokan Sengit Israel vs Hizbullah
AFP/ANWAR AMRO
Pejuang Hizbullah Lebanon berdiri di dekat beberapa peluncur roket di desa Aaramta, Lebanon Selatan. --- Jenderal AS mengklaim risiko perang Israel dan Hizbullah Lebanon menurun setelah Israel mengklaim berhasil menangkis serangan besar sebelumnya. 

TRIBUNNEWS.COM - Jenderal Angkatan Udara sekaligus ketua Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat (AS), Charles Q. Brown, Jr., menilai kondisi di perbatasan Israel utara, wilayah Palestina yang diduduki, dan Lebanon selatan mulai menunjukkan penurunan risiko perang.

Charles Q. Brown, Jr. berpendapat, risiko perang antara Hizbullah Lebanon dan Israel agak mereda setelah bentrokan sengit antara keduanya pada beberapa hari terakhir.

Ia baru kembali ke AS setelah melakukan kunjungan dadakan selama tiga hari di Israel.




Sebelumnya, jenderal itu terbang ke Israel beberapa jam setelah Hizbullah meluncurkan serangan besar pada Minggu (25/8/2024).

"Israel menyerang peluncur roket Hizbullah di Lebanon untuk menggagalkan serangan yang lebih besar," katanya kepada Reuters, Selasa (27/8/2024), merujuk pada momen ketika Hizbullah meluncurkan ratusan roket dan drone ke Israel.

"Serangan Hizbullah hanyalah satu dari dua serangan besar yang mengancam Israel yang muncul dalam beberapa minggu terakhir," lanjutnya, merujuk pada risiko serangan dari Hizbullah dan Iran.

Selain Hizbullah, Iran juga mengancam akan melakukan serangan terhadap Israel atas pembunuhan Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh, di Teheran pada 31 Juli lalu.

BERITA TERKAIT

Ketika ditanya apakah risiko langsung terjadinya perang regional telah menurun, Brown berkata, “Agak menurun, ya.”

“Anda memiliki dua hal yang Anda tahu akan terjadi. Yang satu sudah terjadi. Sekarang tergantung pada bagaimana yang kedua akan terjadi,” kata Brown saat terbang meninggalkan Israel.

Jenderal AS itu juga memperingatkan adanya risiko serangan oleh sekutu Iran, yaitu para militan yang ada di Irak, Suriah, dan Yordania yang telah menyerang pasukan AS serta Houthi Yaman.

Sebelumnya, Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, bersumpah akan membalas Israel atas pembunuhan Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh, di Teheran, Iran pada 31 Juli lalu.

Baca juga: Iran Nilai Israel Kehilangan Daya Tangkal Hadapi Serangan Hizbullah, Kewalahan Cegah Ratusan Roket

AS Siap Bantu Israel Lawan Musuh

Dalam wawancara dengan Reuters, Jenderal AS Charles Q. Brown, Jr., menegaskan AS mampu membantu sekutunya, Israel, untuk mempertahankan diri jika diserang musuh.

Menurutnya, militer AS lebih siap melindungi Israel daripada sebelumnya, merujuk pada serangan Iran terhadap Israel pada 14 April lalu untuk membalas serangan udara yang dilakukan Israel di Kedutaan Besar Iran di Damaskus, Suriah pada 1 April 2024.

Komandan Pasukan Quds Iran, Muhammad Reza Zahedi, dan enam anggota Garda Revolusi Iran tewas dalam serangan di Damaskus.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas