Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Iran Incar Tokoh Zionis di Luar Negeri, Netanyahu Minta Penjagaan Putranya di Miami Diperkuat

Laporan ini mengindikasikan kalau Iran mengincar tokoh-tokoh entitas Israel yang berada di luar Israel sebagai target operasi pembalasan.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Iran Incar Tokoh Zionis di Luar Negeri, Netanyahu Minta Penjagaan Putranya di Miami Diperkuat
khaberni
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan dua putranya di tembok ratapan. 

Iran Incar Tokoh Zionis di Luar Negeri, Netanyahu Minta Penjagaan Putranya di Miami Dipekuat

TRIBUNNEWS.COM - Situs web Walla Israel, Selasa (27/8/2024) malam, melaporkan kalau Perdana Menteri Benjamin Netanyahu meminta agar penjagaan terhadap putranya, Yair, diperkuat.

Permintaan Netanyahu ini dilaporkan untuk mengantisipasi pembalasan Iran atas pembunuhan Ismail Haniyeh, kepala biro politik Gerakan Perlawanan Hamas, di Teheran pada 31 Juli.




Situs web tersebut menjelaskan kalau Netanyahu baru-baru ini meminta untuk memperketat tindakan keamanan di sekitar putranya, Yair.

Baca juga: Media Israel: 2.150 Warga Terluka oleh Rudal Hizbullah, Sistem Radar Rusak, Serangan Iran Menyusul?

Hal ini karena Netanyahu khawatir reaksi terhadap pembunuhan Haniyeh akan terfokus pada "Pembalasan Iran atau agennya terhadap tokoh dan target Israel di luar negeri,” menurut apa yang dilansir Anadolu Agency.

Laporan ini mengindikasikan kalau Iran mengincar tokoh-tokoh entitas Israel yang berada di luar Israel sebagai target operasi.

Yair (33 tahun) telah tinggal di kota Miami sejak April 2023, di bawah pengawalan Dinas Keamanan Israel (Shin Bet), dengan biaya 2,5 juta shekel (sekitar 680 ribu dolar AS) per tahun, menurut Walla.

BERITA TERKAIT

Situs web tersebut mengutip sumber-sumber yang tidak disebutkan namanya yang dekat dengan Perdana Menteri Israel yang mengatakan bahwa direktur kantor Netanyahu, Yossi Shelley, dalam beberapa hari terakhir mendekati Komite Penasihat Keamanan Pribadi Shin Bet dengan permintaan untuk memeriksa intensitas keamanan di sekitar Yair.

Sumber tersebut menambahkan, komite penasihat meminta untuk mendapatkan materi intelijen yang membenarkan pengetatan keamanan, dan tidak mengandalkan rasa keamanan saja.

Tanggung jawab atas keamanan anggota keluarga Netanyahu berada di tangan unit "MAGEN" yang beroperasi di bawah pengawasan kantornya, namun demonstrasi "badai" di Tel Aviv menentang rencana "amandemen peradilan" yang kontroversial pada tahun 2023 mendorong keluarga Netanyahu untuk meminta peningkatan keamanan di sekitarnya.

Hal ini menyebabkan masalah tersebut dipindahkan ke Unit Keamanan Pribadi Shin Bet, yang bertanggung jawab atas keamanan tokoh dan pemimpin pemerintahan di Israel.

Memang benar, Komite Menteri Urusan Shin Bet, yang dipimpin oleh Netanyahu, setuju untuk mengalihkan tanggung jawab pengamanan keluarga tersebut kepada Shin Bet.

Bulan lalu, surat kabar Israel Maariv melaporkan bahwa Yair Netanyahu sedang bersantai di Taman Yosemite di California bersama rekannya dan dua pengawalnya dengan mengorbankan rakyat Israel, sementara ayahnya mengirim ribuan tentara untuk membunuh mereka di Jalur Gaza.

Yair mengeluarkan ratusan ribu dolar yang harus dibelanjakan oleh perbendaharaan Israel untuk program keamanan dan hiburannya, dan Shin Bet telah mengalokasikan anggaran sebesar $ 275.000 untuk itu, menurut surat kabar tersebut.

Putra PM Israel Benjamin Netanyahu, Yair Netanyahu, terlihat berada di balkon sebuah apartemen mewah di Pantai Hallandale, utara Miami, Amerika Serikat. Foto ini tersebar di media sosial pada Rabu (14/2/2024).
Putra PM Israel Benjamin Netanyahu, Yair Netanyahu, terlihat berada di balkon sebuah apartemen mewah di Pantai Hallandale, utara Miami, Amerika Serikat. Foto ini tersebar di media sosial pada Rabu (14/2/2024). (X)

Dilanda Kepanikan

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas