Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman Bahas Situasi di Gaza

Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman bertemu Selasa untuk membahas situasi di Gaza.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman Bahas Situasi di Gaza
Thaer GHANAIM / PPO / AFP
Foto selebaran yang disediakan oleh kantor pers Otoritas Palestina (PPO) ini menunjukkan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (kanan) menerima Presiden Palestina Mahmud Abbas di Riyadh pada 29 April 2024. Thaer GHANAIM / PPO / AFP 

Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman Bahas Situasi di Gaza di Riyadh

TRIBUNNEWS.COM- Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman bertemu Selasa (27/8/2024)  untuk membahas situasi di Gaza.

Pertemuan tersebut berlangsung di ibu kota Saudi, Riyadh, tempat Abbas tiba pada hari Senin (26/8/2024) untuk kunjungan mendadak, menurut kantor berita resmi Palestina WAFA.




Selama diskusi mereka, Abbas dan bin Salman meninjau perkembangan terkini di wilayah Palestina yang diduduki dan kawasan tersebut. Mereka membahas upaya Palestina dan Arab untuk menghentikan agresi Israel yang sedang berlangsung terhadap rakyat Palestina di Gaza dan Tepi Barat, termasuk Yerusalem, kata kantor berita tersebut.

Presiden Abbas memperingatkan bahaya yang ditimbulkan oleh pernyataan dan tindakan Israel mengenai tempat-tempat suci Islam dan Kristen, khususnya pernyataan Menteri Keamanan Nasional Israel sayap kanan Itamar Ben-Gvir tentang pembangunan sinagoge di Masjid Al-Aqsa, WAFA melaporkan.

Abbas juga menyampaikan rencananya kepada putra mahkota untuk mengunjungi Gaza bersama para anggota kepemimpinan Palestina untuk “menghentikan genosida terhadap rakyat kami, memastikan penarikan pasukan pendudukan Israel dari seluruh Jalur Gaza, dan menegaskan bahwa Negara Palestina memiliki kedaulatan penuh atas semua tanah Palestina, termasuk Gaza dan Tepi Barat.”

Pada pertengahan Agustus, Abbas menyatakan di hadapan parlemen Turki niatnya untuk mengunjungi Gaza, mendesak Dewan Keamanan PBB dan masyarakat internasional untuk mendukung kunjungan tersebut.

BERITA TERKAIT

Menurut WAFA, kedua pemimpin juga menyoroti pentingnya tindakan politik oleh Komite Menteri yang diamanatkan oleh KTT Luar Biasa Arab-Islam dan diketuai oleh Arab Saudi untuk mengamankan pengakuan lebih lanjut terhadap Negara Palestina dan memperoleh keanggotaan penuh PBB.

Bin Salman menegaskan kembali pendirian teguh Arab Saudi dalam mendukung rakyat Palestina dan hak-hak mereka yang sah berdasarkan hukum internasional, kantor berita tersebut menambahkan.

Israel terus melancarkan serangan brutalnya di Jalur Gaza menyusul serangan kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober lalu, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata segera.

Serangan itu telah mengakibatkan hampir 40.500 kematian warga Palestina, sebagian besar wanita dan anak-anak, dan lebih dari 93.500 luka-luka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Blokade berkelanjutan di Gaza telah mengakibatkan kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan yang parah, sehingga sebagian besar wilayah hancur.

Israel menghadapi tuduhan genosida di Mahkamah Internasional, yang telah memerintahkan penghentian operasi militer di kota selatan Rafah, tempat lebih dari satu juta warga Palestina mencari perlindungan sebelum daerah itu diserbu pada 6 Mei.

SUMBER: ANADOLU AJANSI

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas