Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Analis Militer: Ancaman Terbesar Israel Berasal dari Internal, Bukan Hizbullah Ataupun Iran

Analis militer Israel menyebut ancaman terbesar untuk negaranya bukan berasal dari Hizbullah ataupun Iran, tapi dari kalangan internal.

Penulis: Pravitri Retno Widyastuti
Editor: Nuryanti
zoom-in Analis Militer: Ancaman Terbesar Israel Berasal dari Internal, Bukan Hizbullah Ataupun Iran
AFP/AHMAD GHARABLI
Demonstran menyalakan api dan memblokir jalan selama protes terhadap pemerintah Israel dan menuntut pembebasan sandera yang ditahan oleh gerakan Hamas Palestina di Jalur Gaza sejak serangan 7 Oktober, di Yerusalem pada 31 Maret 2024 - Analis militer Israel menyebut ancaman terbesar untuk negaranya bukan berasal dari Hizbullah ataupun Iran, tapi dari kalangan internal. 

TRIBUNNEWS.com - Analis militer dari Channel 13 Israel, Alon Ben David, menyebut kegigihan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk tetap berada di Koridor Philadelphia dan Poros Netzarim, justru memicu konflik regional yang lebih luas, serta perang tanpa akhir di Gaza.

Dalam pernyataannya yang dirilis oleh surat kabar Maariv Israel, Ben David juga menyebut sikap Netanyahu itu akan terus menghalangi semua kesepakatan pertukaran tahanan dengan gerakan perlawanan Palestina, Hamas.

Ia kemudian menegaskan, ancaman lebih besar bagi Israel justru datang dari "dalam (internal)", bukan dari Hizbullah ataupun Iran.




Ancaman itu, kata Ben David, adalah kehadiran "kaum anarkis yang ceroboh di pemerintahan" yang telah menjelma menjadi sebuah mekanisme terorganisasi.

Kehadiran kaum-kaum itu, lanjutnya, bertujuan membubarkan lembaga-lembaga yang belum mematuhi keinginan mereka, dengan terus-menerus menyerang Pasukan Pertahanan Israel (IDF), Mossad, dan Shin Bet, dilansir Al Mayadeen.

Ben David berpendapat, "jika 7 Oktober 2023 adalah awal dari disintegrasi Israel dan pemicu perang dengan seluruh wilayah sekitarnya, maka alih-alih berdoa agar hal itu berakhir, mereka (kaum-kaum anarkis) justru melakukan segala cara untuk mempercepat (perang regional terjadi)."

Ia pun meminta aparat keamanan untuk "tidak diam-diam mengatakan apa yang perlu dikatakan."

BERITA TERKAIT

"Tingkatkan suara untuk membangunkan masyarakat Israel yang belum sadar akan situasi saat ini," imbuh dia.

Di akhir pernyataannya, Ben David menuturkan, "Minggu ini ini, Netanyahu memilih untuk melanjutkan perang di semua lini."

"Seperti biasa, baik dia ataupun siapapun dalam keluarganya, tidak akan menanggung akibatnya atas pilihannya. Kamilah (rakyat Israel) yang akan menanggung akibatnya," pungkas dia.

Israel Berada di Persimpangan

Di pernyataan yang sama, Ben David juga menyinggung Israel saat ini tengah berada di persimpangan.

Baca juga: Klaim Banyak Warga Israel Ingin Tinggalkan Negara, Eks PM Bennet: Semua karena Kebijakan Netanyahu

Mayoritas rakyat Israel, kata Ben David, sedang menyaksikan Israel "jatuh ke jurang" karena masifnya laporan mengenai tewasnya IDF dalam perang yang tak kunjung berakhir.

Tetapi, rakyat Israel memilih untuk tidak menggubris dan menjalankan hidup seperti biasanya.

"Ini seperti sedang menonton sebuah mobil mengalami kecelakaan," ujar dia.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas