Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mobil Lapis Baja China Muncul di Jalanan Rusia

Sebuah kendaraan taktis lapis baja  buatan China terlihat di jalan-jalan Moskow, Ibu Kota Rusia.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Mobil Lapis Baja China Muncul di Jalanan Rusia
Via Newsweek
Foto yang dibagikan di Telegram pada tanggal 20 Agustus ini menunjukkan mobil lapis baja yang diyakini dibeli dari Dongfeng Motor Corporation milik negara China. Kendaraan tersebut telah bergabung dengan armada keamanan Metro Moskow yang terus bertambah. /Avtobusy y Vobbechle/Telegram 

TRIBUNNEWS.COM, RUSIA - Sebuah kendaraan taktis lapis baja  buatan China terlihat di jalan-jalan Moskow, Ibu Kota Rusia.

Kendaraan itu muncul saat Rusia meningkatkan keamanan dalam negeri.

"Metro Moskow terus mempersenjatai diri," tulis Avtobusy y Vobbechle, saluran Telegram berbahasa Rusia di platform media sosial minggu lalu.




Ibu kota Rusia telah meningkatkan langkah-langkah keamanan menyusul protes terhadap invasi Presiden Vladimir Putin ke Ukraina dan serangan teroris 22 Maret oleh Negara Islam di Provinsi Khorasan yang menewaskan 145 orang di tempat pertunjukan musik Crocus City Hall.

Avtobusy y Vobbechle, yang biasanya meliput transportasi umum, menulis bahwa mobil kelas militer tersebut telah dibeli oleh departemen keamanan yang bertanggung jawab atas sistem kereta bawah tanah ibu kota Rusia.

Postingan tersebut menyertakan foto kendaraan taktis berwarna hitam yang dihiasi logo layanan kereta bawah tanah ibu kota Rusia.

Tsargrad, media pro-Kremlin, melaporkan bahwa kendaraan segala medan itu terdaftar sebagai "peralatan khusus sipil" dan memiliki jenis pelat nomor yang diperuntukkan bagi traktor.

BERITA TERKAIT

Militarnyi, media Ukraina yang mengkhususkan diri dalam berita militer, mengidentifikasi kendaraan lapis baja "anti-terorisme" sebagai Dongfeng EQ2091XFB.

Kendaraan ini diproduksi oleh Dongfeng Special Vehicle Co., anak perusahaan milik negara China Dongfeng Motor Corporation di provinsi Hubei.

Harganya berkisar antara $130.000 hingga $270.000, tergantung pada pilihannya.

Militarnyi melaporkan bahwa unit dalam foto tersebut dilengkapi dengan menara lapis baja yang dapat menampung senapan mesin.

Kendaraan seberat sembilan ton itu dapat menahan tembakan dari senapan serbu AK-47, Tsargrad melaporkan.

Baca juga: Tentara Ukraina: Pilot Jet F-16 Oleksiy Mes Hancurkan 3 Rudal dan 1 Drone Rusia Sebelum Jatuh 

SUV China tersebut menambah armada pasukan keamanan Moskow setelah pembelian dari produsen dalam negeri awal musim panas ini, termasuk kendaraan lapis baja Z-STS "Akhmat" dan RIDA "Buran".

Pada bulan April 2023, pemerintah pusat memberikan wewenang kepada Moskow atas operasi keamanan di seluruh sistem metro, berkoordinasi dengan garda nasional—tanggung jawab yang sebelumnya merupakan kewenangan Kementerian Perhubungan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas