Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Netanyahu Tak Terima Diprotes: Mogok Kerja Massal di Israel akan Untungkan Yahya Sinwar

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan mogok kerja massal di Israel akan memberikan keuntungan bagi pemimpin Hamas, Yahya Sinwar.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Netanyahu Tak Terima Diprotes: Mogok Kerja Massal di Israel akan Untungkan Yahya Sinwar
Kolase Tribunnews.com/AFP
Pimpinan Hamas, Yahya Sinwar dan Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu. --- Netanyahu sebut aksi mogok kerja massal di Israel hanya akan memberikan keuntungan pada pemimpin Hamas, Yahya Sinwar. 

TRIBUNNEWS.COM - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, memberikan komentar pertamanya setelah serikat buruh Histadrut menyerukan mogok kerja massal pada Senin (2/9/2024).

Aksi ini muncul sebagai protes terhadap Netanyahu atas penemuan enam mayat sandera Israel di terowongan di Rafah, Jalur Gaza selatan pada Sabtu (31/8/2024).

Protes tersebut mendesak Netanyahu agar menyetujui perjanjian gencatan senjata dengan gerakan Hamas yang masih menahan sejumlah orang di Jalur Gaza.




Sementara itu, Netanyahu mengatakan aksi mogok kerja di Israel akan memberikan keuntungan kepada Hamas.

"Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pemogokan di Israel mewakili dukungan untuk (Kepala Biro Politik Hamas) Yahya Sinwar," menurut laporan Channel12 Israel, Senin.

Mogok Kerja Massal di Israel

Pemogokan ini dimulai pada hari ini pukul 06.00 pagi waktu setempat dan diakhiri pada 18.00 petang waktu setempat.

Sebelumnya Ketua Histadrut, Arnon Bar-David, mengumumkan Bandara Ben Gurion juga ditutup mulai pukul 8 pagi waktu setempat, sebagai bagian dari aksi ini.

BERITA TERKAIT

"Ada kemungkinan bahwa pemogokan akan berlanjut besok, dan mungkin sektor lain akan berpartisipasi di dalamnya," kata Kepala departemen media Histadrut, Yaniv Levy kepada Radio 103FM, Senin.

"Jika pengadilan memutuskan untuk menghentikan pemogokan, kami akan melakukannya, (tapi) ini bukan tembakan terakhir," lanjutnya.

Setidaknya, perusahaan industri besar di Israel dan pengusaha di sektor teknologi maju juga berpartisipasi dalam aksi ini.

Baca juga: Di Tengah Mogok Massal, Keluarga Tawanan Desak Pemerintah Israel Capai Kesepakatan dengan Hamas

Aksi yang dipelopori Histadrut juga didukung oleh Asosiasi Produsen Israel.

"Tanpa kembalinya para sandera, kita tidak akan bisa mengakhiri perang, kita tidak akan bisa merehabilitasi diri kita sendiri sebagai masyarakat dan perekonomian Israel," kata Ron Tomer, ketua Asosiasi Produsen Israel, Senin.

"Kita terpecah belah dan di sinilah langkah untuk menyatukan masyarakat Israel," lanjutnya.

Ia menekan pemerintah Israel agar berbuat lebih banyak untuk memulangkan para sandera yang masih ditahan Hamas di Jalur Gaza.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas