Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Militer Israel Masukkan Tepi Barat Sebagai Zona Pertempuran Dua Setelah Gaza, Jenin Hanya Permulaan

Tentara Israel secara internal mengklasifikasikan Tepi Barat yang diduduki sebagai “garis depan paling kritis kedua, tepat setelah Gaza

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Militer Israel Masukkan Tepi Barat Sebagai Zona Pertempuran Dua Setelah Gaza, Jenin Hanya Permulaan
Jaafar Ashtiyeh/AFP/Getty Images
Patroli kendaraan militer Israel saat operasi militer di Tulkarem, utara Tepi Barat yang diduduki Israel, Kamis 29 Agustus 2024. 

Militer Israel Klasifikasikan Tepi Barat Sebagai Zona Pertempuran, Jenin Hanya Permulaan

TRIBUNNEWS.COM- Militer Israel mengklasifikasikan Tepi Barat sebagai zona pertempuran.

Warga Palestina di wilayah pendudukan mengatakan tujuan utama operasi Israel adalah penghancuran tanpa alasan.




Tentara Israel secara internal mengklasifikasikan Tepi Barat yang diduduki sebagai “garis depan paling kritis kedua, tepat setelah Gaza,” menurut pejabat keamanan yang berbicara dengan Israel Hayom .

"Operasi Jenin hanyalah permulaan," kata pejabat keamanan kepada harian Israel tersebut, seraya menambahkan bahwa penggerebekan yang sedang berlangsung di Tepi Barat utara "akan terus berlanjut di masa mendatang."

"IDF bermaksud mencapai Oktober, bulan hari raya besar Yahudi, dengan suasana Tepi Barat yang lebih tenang daripada pemberontakan kecil yang sedang terjadi di lapangan. Meskipun perang skala penuh di wilayah yang luas tidak mungkin terjadi, Operasi 'Kamp Musim Panas' diperkirakan akan segera meluas ke wilayah Tepi Barat lainnya," demikian laporan tersebut.

Selama tujuh hari terakhir, pasukan Israel telah melancarkan serangan terbesar di Tepi Barat yang diduduki dalam dua dekade, menewaskan puluhan warga Palestina dan menghancurkan kota-kota besar. Seorang sumber keamanan menggambarkan operasi itu kepada Israel Hayom sebagai "bukan sekadar memotong rumput, tetapi mencabut akar masalah dari sumbernya."

BERITA TERKAIT

Menurut laporan tersebut, dinas keamanan Otoritas Palestina (PA) “telah bekerja sama secara substansial dengan pasukan Israel, termasuk selama serangan hari Minggu,” yang melibatkan kendaraan lapis baja dan buldoser yang dilepaskan di Jenin untuk menghancurkan infrastruktur vital.

“Warga Palestina mengatakan tujuan utama operasi militer ini, yang terbesar dalam lebih dari dua dekade, adalah penghancuran … Mereka mengatakan ini bukan kebutuhan terkait keamanan. Ini untuk mengingatkan warga Palestina tentang biaya yang akan mereka tanggung jika mereka memilih untuk melawan pendudukan militer Israel,” lapor koresponden Al Jazeera Niba Ibrahim pada hari Minggu.

Penggerebekan juga terus dilakukan di kota Tulkarem, tempat seorang anak laki-laki berusia 14 tahun terbunuh pada Selasa pagi saat berjalan ke masjid bersama ayahnya, sementara penembak jitu Israel terus menargetkan warga sipil tanpa hukuman.

Meskipun intensitas serangan Israel sangat tinggi, kelompok perlawanan lokal telah dengan sengit menghadapi tentara penjajah sejak dimulainya apa yang disebut Operasi “Kamp Musim Panas.”

"Para pejuang kami tengah bertempur dalam pertempuran sengit dengan pasukan musuh yang menyerbu kamp Tulkarem dan menghujani pasukan infanteri di gang-gang kamp dengan rentetan peluru, sehingga mengenai sasaran secara langsung," Brigade Tulkarem, cabang lokal Brigade Quds Jihad Islam Palestina (PIJ), mengumumkan pada Selasa pagi.

Brigade Syuhada Al-Aqsa milik Fatah juga mengumumkan pada hari Selasa bahwa seorang tentara Israel telah terbunuh selama “penyergapan ketat” terhadap pasukan penyerang yang bekerja sama dengan Brigade Qassam milik Hamas di poros Al-Ghanem di kamp pengungsi Tulkarem.

Selama pertemuan pemerintah Israel minggu ini, Menteri Perlindungan Lingkungan Israel Idit Silman menempatkan kota Jenin dan Nablus dalam kategori yang sama dengan perbatasan Gaza–Mesir dan menegaskan kembali hak Israel atas seluruh Palestina.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas