Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pejabat Senior Partai Likud: Benjamin Netanyahu Lebih Takut pada Ben Gvir Ketimbang Keluarga Sandera

Netanyahu lebih takut pada Itamar Ben Gvir dan Menteri Keuangan Bezalel Smotrich daripada rasa takutnya pada keluarga sandera.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Pejabat Senior Partai Likud: Benjamin Netanyahu Lebih Takut pada Ben Gvir Ketimbang Keluarga Sandera
Times of Israel/Dudu Bachar
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan menolak proposal gencatan senjata di Gaza yang mengakhiri perang dengan Hamas seperti usulan yang disampaikan Amerika Serikat kepadanya. 

Pejabat Partai Likud: Benjamin Netanyahu Lebih Takut pada Ben Gvir daripada Keluarga Sandera

TRIBUNNEWS.COM- Surat kabar Israel Haaretz mengutip seorang pejabat senior di Partai Likud yang berkuasa yang mengatakan bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu tidak akan mendorong perjanjian mengenai Gaza kecuali jalan-jalan dikobarkan dengan lebih banyak protes.

Pejabat itu mengatakan bahwa Netanyahu lebih takut pada Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir dan Menteri Keuangan Bezalel Smotrich daripada rasa takutnya pada keluarga para sandera.




Netanyahu berada di bawah tekanan yang berlawanan dari dua menteri sayap kanan ekstrem di satu sisi, dan dari keluarga para sandera yang ditahan di Jalur Gaza di sisi lain.

Ben Gvir dan Smotrich mengancam akan mundur dari pemerintahan jika Netanyahu mencapai kesepakatan dengan Hamas untuk menghentikan perang Gaza, yang berarti menggulingkan pemerintah.

Di sisi lain, keluarga para sandera mendesak agar tercapainya kesepakatan yang telah lama ditunggu-tunggu, untuk mengeluarkan para sandera dari Jalur Gaza dengan imbalan menghentikan perang dan melepaskan tahanan Palestina di penjara-penjara Israel.

Menurut pejabat senior Israel yang dekat dengan Netanyahu, Perdana Menteri Israel prihatin dengan kemungkinan peningkatan kecepatan dan momentum protes yang sedang berlangsung di kota-kota besar, yang berarti meningkatnya tekanan publik terhadapnya untuk menyelesaikan perjanjian yang gagal tersebut.

BERITA TERKAIT

Salah satu pejabat mengatakan kepada Haaretz:

“Netanyahu khawatir terulangnya malam Galant ,” mengacu pada titik balik dalam protes terhadap reformasi peradilan pada bulan Maret tahun lalu, setelah puluhan ribu demonstran turun ke jalan.

Menteri Pertahanan Yoav Gallant setelah yang terakhir memperingatkannya tentang risiko keamanan akibat langkah ini.

Patut dicatat bahwa Gallant sangat mendukung kesepakatan mengenai Gaza, dan menekankan bahwa "kita harus mengembalikan sandera yang masih ditahan oleh Hamas."

Pejabat itu menambahkan: "Dalam situasi ini, jelas bahwa melanjutkan dengan cara yang sama adalah hal yang mustahil."

Di sisi lain, Netanyahu tampaknya belum memutuskan untuk mengubah kebijakannya terkait kehadiran Israel di poros Philadelphia , di perbatasan Jalur Gaza dengan Mesir.

Menurut sumber-sumber diplomatik, Netanyahu sedang memantau kondisi jalanan Israel dalam beberapa hari mendatang untuk menilai perkembangan, dan akan berusaha menghindari perubahan sikapnya. Sebuah sumber yang dekat dengannya mengatakan: “Dia akan menunggu waktu yang tepat seperti yang dia lakukan Bisa."

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas