Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Deutsche Welle

Belanda Larang Telepon Genggam di Sekolah Dasar dan Menengah

Ponsel, jam tangan pintar dan tablet kini dilarang bagi siswa sekolah dasar dan menengah di Belanda. Pemerintah Belanda menyebutnya…

zoom-in Belanda Larang Telepon Genggam di Sekolah Dasar dan Menengah
Deutsche Welle
Belanda Larang Telepon Genggam di Sekolah Dasar dan Menengah 

Ketika siswa kembali ke sekolah dasar di Belanda minggu ini, larangan baru terhadap perangkat pintar di sekolah mulai diberlakukan.

Sejak bulan Januari, larangan terhadap telepon seluler, jam tangan pintar dan tablet sudah diberlakukan di sekolah menengah sejak bulan Januari. Mulai bulan ini, larangan itu sekarang berlaku di seluruh sekolah di seluruh negeri.

"Ada semakin banyak bukti bahwa ponsel di kelas berbahaya. Siswa kurang berkonsentrasi dan kinerja mereka menurun. Kita perlu melindungi siswa dari hal tersebut,” kata pemerintah Belanda dalam sebuah pernyataan.

Larangan serupa di Yunani dan Italia

Penggunaan ponsel dan jam tangan pintar di sekolah telah menjadi bahan perdebatan sengit di Belanda selama beberapa waktu. Para pejabat berpendapat bahwa sekolah dapat mengambil keputusan secara individual, sementara beberapa kelompok orang tua melobi untuk melarang sepenuhnya karena kekhawatiran mengenai dampak media sosial terhadap anak-anak.

Yunani dan Italia sebelumnya sudah menerapkan larangan penggunaan ponsel di sekolah-sekolah, dan Jerman juga sedang mempertimbangkan langkah serupa.

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan, OECD, merekomendasikan pembatasan penggunaan telepon seluler di sekolah-sekolah.

hp/yf (dpa, NRC)

BERITA TERKAIT
Sumber: Deutsche Welle
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas