Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Reshuffle Volodymyr Zelenskyy Dikecam Oposisi, Mundurnya Kuleba Jadi Isu Paling Panas

Indikasi penyalahgunaan kekuasaan oleh Zelenskyy ini pun kian memanas setelah Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba ikut mengundurkan diri.

Penulis: Bobby W
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Reshuffle Volodymyr Zelenskyy Dikecam Oposisi, Mundurnya Kuleba Jadi Isu Paling Panas
Kolase foto Ruslan Kaniuka/Sergii Kharchenko/AFP
Mantan menlu Ukraina, Dmytro Kuleba (kiri) dikabarkan tengah bersiteru panas dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy (kanan). Isu penyalahgunaan kekuasaan oleh Zelenskyy dalam reshufflenya kian memanas setelah Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba ikut mengundurkan diri. 

TRIBUNNEWS.COM - Keputusan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, untuk melakukan perombakan besar-besaran menuai pro dan kontra dari sejumlah pihak di parlemen.

Salah satu pihak yang mengkritik keras langkah Volodymyr Zelenskyy ini adalah Ivanna Klympush-Tsintsadze dari Partai Yevropeys'ka solidarnist' (YeS).

Ivanna menilai langkah reshuffle yang diambil oleh Zelenskyy diambil murni terjadi berdasarkan kepentingan politiknya.




Ia menilai Zelenskyy melakukan reshuffle guna menguatkan posisi partainya yang memenangkan kursi mayoritas di parlemen pada Pemilu tahun 2019 lalu.

Karena hukum darurat berlaku selama Ukraina melawan invasi Rusia, maka Zelenskyy memiliki keleluasaan membentuk kabinet yang cenderung menguntungkan partai Sluha Narodu yang mengusungnya.

"Semua tindakan pemerintah saat ini menunjukkan sentralisasi kekuasaan secara sistematis oleh Presiden dan kantornya," kata Ivanna Klympush-Tsintsadze kepada Politico, Rabu (4/9/2024).

"Gelombang pengunduran diri para pejabat pemerintah jelang reshuffle juga menunjukkan krisis pemerintahan yang parah di negara ini." timpal politisi dari Partai YeS tersebut.

BERITA TERKAIT

Indikasi penyalahgunaan kekuasaan oleh Zelenskyy ini pun kian memanas setelah Menteri Luar Negeri Ukraina yang cukup populer di kalangan publik, Dmytro Kuleba,ikut mengundurkan diri.

Mantan menlu Ukraina, Dmytro Kuleba (kiri) dikabarkan tengah bersiteru panas dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy (kanan). Isu penyalahgunaan kekuasaan oleh Zelenskyy dalam reshufflenya kian memanas setelah Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba ikut mengundurkan diri.
Mantan menlu Ukraina, Dmytro Kuleba (kiri) dikabarkan tengah bersiteru panas dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy (kanan). Isu penyalahgunaan kekuasaan oleh Zelenskyy dalam reshufflenya kian memanas setelah Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba ikut mengundurkan diri. (Kolase foto Ruslan Kaniuka/Sergii Kharchenko/AFP)

Sosok yang masih satu kader dengan Zelenskyy tersebut mengajukan pengunduran dirinya pada Rabu, dengan alasan yang tidak dijelaskan.

Dikutip Tribunnews dari Politico, Andriy Yermak yang merupakan seorang mantan Kepala Kantor Istana Kepresidenan Ukraina mengatakan Kuleba kemungkinan dipecat karena bersiteru keras dengan Zelenskyy.

"Semua orang di belakang panggung tahu bahwa keduanya (Zelenskyy dan Kuleba) tengah menjalani konflik panas. Saya bahkan pernah menyaksikan langsung episode konflik itu," kata Yermak.

Baca juga: Volodymyr Zelenskyy Jelaskan Alasannya Lakukan Reshuffle Kabinet Besar-besaran

Yermak juga menilai panasnya hubungan antara Kuleba dan Zelenskyy terjadi karena koneksi sang mantan Menlu Ukraina tersebut yang dikabarkan memiliki jaringan politik lebih luas.

"Karena posisinya, Kuleba memiliki kontak langsung yang mapan dengan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, dan Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, dan masih banyak tokoh besar lainnya."

"Jika Kuleba 300 persen loyal kepada negara, saya yakin Zelenskyy tidak mau membiarkan saluran komunikasinya berada di tangan seseorang yang tidak sepenuhnya diyakini memiliki satu tujuan dengan mereka," tambah Yermak.

Zelenskyy Ungkap Alasan Lakukan Reshuffle

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas