Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ribuan Tentara Korea Utara Disebut Mulai Bantu Rusia Perang Lawan Ukraina di Donbass

Meskipun Ukraina secara aktif mengerahkan pasukan cadangan, jumlah pasukan yang dimobilisasi tidak cukup untuk mengatasi situasi tegang.

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in Ribuan Tentara Korea Utara Disebut Mulai Bantu Rusia Perang Lawan Ukraina di Donbass
Daily NK
Ilustrasi foto Tentara Korea Utara. 

TRIBUNNEWS.COM, UKRAINA -  Tentara Rusia dikabarkan mulai mendekati Pokrovsk, Donetsk, Ukraina timur.

Surat kabar Moskovsky Komsomolets Rusia pada Selasa (3/9/2024), melaporkan bahwa kota itu berada dalam  jangkauan senjata Rusia.

Rumah sakit dan bank berhenti beroperasi dan pihak berwenang Ukraina segera mengevakuasi warganya.




Kantor berita TASS mengutip informasi dari pasukan keamanan Republik Rakyat Donetsk (DPR) yang memproklamirkan diri bahwa pertahanan pasukan Ukraina di Novogrodovka (sekitar 7 km dari Pokrovsk) retak sedikit demi sedikit.

Meskipun Ukraina secara aktif mengerahkan pasukan cadangan, jumlah pasukan yang dimobilisasi tidak cukup untuk mengatasi situasi tegang.

Sehari sebelumnya, menurut majalah Forbes (AS), ratusan tentara Ukraina dari empat brigade berisiko dikepung di selatan Pokrovsk.

Posisi militer Ukraina di dalam kota terus menerus dibombardir oleh Rusia dan mengalami kerugian serius.

BERITA TERKAIT

Pasukan Ukraina kadang-kadang berusaha melakukan serangan balik dalam kelompok kecil, namun terpaksa mundur akibat serangan udara atau tembakan artileri Rusia.

"Mereka (Ukraina) tidak memiliki cukup pasukan. Oleh karena itu, hilangnya unit tempur dari empat brigade bisa menjadi bencana bagi Ukraina.

Kyiv Post melaporkan pada 3 September bahwa selain fokus menyerang pemukiman di dekat Pokrovsk, Rusia secara bersamaan meningkatkan serangan terhadap Ugledar – sebuah kota bersama dengan Pokrovsk dan Chasiv Yar yang menciptakan garis pertahanan utama pasukan Ukraina ke arah Donetsk.

Menurut surat kabar tersebut, terobosan Rusia di Ugledar dapat menyebabkan serangan menjepit garis Ukraina di sepanjang Pokrovsk sehingga melemahkan upaya pertahanan tentara Ukraina di Donbass.

Tentara Korea Utara Dilibatkan?

Terkait situasi di Pokrovsk, situs berita 163 China  menyebutkan pasukan militer Korea Utara diyakini hadir di dua wilayah strategis di kawasan Donbass, Ukraina timur.

Tentara Korea Utara juga dikatakan telah muncul ke arah Pokrovsk, wilayah kedua adalah Krasny Liman,  kota strategis lainnya di wilayah Donbass.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas