Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tangkis Amukan Rusia, Jet Tempur Polandia Keluar Kandang untuk Bantu Pasukan Ukraina

Polandia mengirimkan pesawat-pesawat tempur pasca Rusia meluncurkan serangan udara terhadap kota Lviv di Ukraina bagian barat,

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Tangkis Amukan Rusia, Jet Tempur Polandia Keluar Kandang untuk Bantu Pasukan Ukraina
US Defense/AFP
Pesawat Polandia telah dikerahkan karena serangan Rusia di Ukraina barat, Ini adalah yang ketiga kalinya dalam delapan hari terakhir Polandia mengaktifkan pertahanannya. 

TRIBUNNEWS.COM – Polandia mengirimkan pesawat-pesawat tempur pasca Rusia meluncurkan serangan udara terhadap kota Lviv di Ukraina bagian barat, yang berbatasan negara NATO tersebut.

Ini adalah yang ketiga kalinya dalam delapan hari terakhir Polandia mengaktifkan pertahanannya.

"Pesawat Polandia telah dikerahkan karena serangan Rusia di Ukraina barat. Ini adalah malam yang sangat sibuk bagi seluruh sistem pertahanan udara," bunyi pernyataan Komando Operasi Angkatan Bersenjata Polandia.




Tak hanya itu Polandia juga turut meningkatkan produksi peluru artileri 155 mm, memastikan pasokan cukup untuk menyerang Rusia.

“Seperti banyak sekutunya, Polandia telah mengirim sebagian stok amunisi 155 miliknya,” kata Maciej Idzik, anggota dewan dari Grup Persenjataan Polandia (PGZ), mengutip Reuters.

"Ambisi kami adalah memiliki kemampuan untuk mengisi penuh gudang-gudang Polandia bersamaan dengan tercapainya kapasitas penuh dan independen untuk memproduksi amunisi di
Polandia, dalam waktu lima hingga delapan tahun,"imbuhnya.

Adapun total pengeluaran ibu kota Warsawa untuk meningkatkan produksi senjata dan amunisi guna memperkuat pertahanan akibat invasi Rusia ke Ukraina sejak 2022 telah mencapai 520 juta dolar AS.

BERITA TERKAIT

Menghabiskan 4 persen dari produk domestik bruto (PDB) mereka untuk pertahanan, menjadikannya rasio tertinggi di antara anggota NATO.

Adapun lonjakan pengeluaran mulai dialami Polandia, usai negara NATO ini memborong ratusan misil udara-ke-udara AIM-120C AMRAAM, serta kontrak untuk 48 peluncur sistem pertahanan udara Patriot yang dirancang AS.

Bulan lalu, Warsawa bahkan menandatangani kesepakatan senilai 10 miliar dolar AS untuk membeli 96 helikopter serang Apache dari produsen AS, Boeing.

AS Kirim Hadiah F-16

Baca juga: Rincian Kerugian Ukraina sejak Serbu Kursk di Rusia: 9.300 Tewas, 80 Tank & Ratusan Kendaraan Hancur

Sebelum Polandia meningkatkan pertahanan untuk membantu Ukraina menangkis serangan Rusia, AS telah lebih dulu menjanjikan hadiah pesawat tempur F-16 untuk pasukan Zelensky.

Kedatangan F-16 di klaim dapat membantu militer Ukraina membangun kembali angkatan udaranya yang saat ini telah kehabisan sumber daya, akibat gempuran Rusia.

F-16 buatan pabrik Lockheed Martin, sebenarnya telah lama masuk dalam daftar keinginan Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah berulangkali memohon pada para sekutunya untuk mengirimkan sekitar 130 pesawat tempur F-16 yang telah dilengkapi dengan sistem senjata 20 mm seperti bom, roket, dan rudal.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas