Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Amerika Serikat Siapkan Sanksi Lebih Berat Terhadap Iran Terkait Pengiriman Senjata ke Rusia

Iran diduga mengirim rudal balistik jarak pendek ke Rusia untuk digunakan dalam perang melawan Ukraina

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Amerika Serikat Siapkan Sanksi Lebih Berat Terhadap Iran Terkait Pengiriman Senjata ke Rusia
MiitaryWatchMagazine
Rudal Fateh-360 buatan Iran dikabarkan akan dikirim ke Rusia 

Washington Siapkan Sanksi Lebih Berat Terhadap Iran Terkait Pengiriman Senjata ke Rusia

TRIBUNNEWS.COM- Washington persiapkan sanksi lebih berat terhadap Iran terkait pengiriman senjata ke Rusia.

Iran diduga mengirim rudal balistik jarak pendek ke Rusia untuk digunakan dalam perang melawan Ukraina




Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengancam akan menjatuhkan sanksi baru terhadap Iran sebagai tanggapan atas laporan Teheran mengirim rudal balistik ke Moskow untuk digunakan dalam perang melawan Ukraina, The Washington Post melaporkan pada 10 September.

Blinken, yang akan mengunjungi Kyiv pada hari Rabu untuk berkonsultasi dengan pimpinan Ukraina, mengatakan sanksi baru, termasuk tindakan terhadap Iran Air, akan diumumkan pada hari Selasa malam.

"Kami telah memperingatkan Teheran secara terbuka, kami telah memperingatkan Teheran secara pribadi, bahwa mengambil langkah ini akan menjadi eskalasi yang berbahaya," kata Blinken. "Rusia kini telah menerima pengiriman rudal-rudal ini."

Ia mengklaim bahwa Rusia kemungkinan akan menggunakan pengiriman itu dalam beberapa minggu.

BERITA TERKAIT

Pemerintah Ukraina menanggapi laporan tersebut dengan mengancam akan menyerang gudang-gudang di Rusia yang menyimpan rudal yang dipasok Iran.

"Menanggapi pasokan rudal balistik ke Rusia, Ukraina harus diizinkan untuk menghancurkan gudang-gudang yang menyimpan rudal-rudal ini dengan senjata-senjata Barat untuk menghindari teror," kata pejabat Ukraina Andrii Yermak , tanpa menyebutkan negara mana yang memasok rudal-rudal tersebut.

Pada hari Senin, seorang komandan senior Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran membantah Teheran mengirim rudal ke Moskow. Brigadir Fazlollah Nozari dikutip oleh Kantor Berita Buruh Iran mengatakan, "Tidak ada rudal yang dikirim ke Rusia, dan klaim ini merupakan semacam perang psikologis."

Pada saat yang sama, Ahmed Bakhshaish Ardestani, anggota Komisi Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri Parlemen Iran, mengonfirmasi Iran mengirim rudal dan drone ke Rusia untuk perangnya melawan Ukraina.

Dalam wawancara dengan Iran Watch yang diterbitkan pada 9 September, Ardestani menjelaskan bahwa "Iran mengekspor pesawat nirawak dan rudal ke Rusia," sementara "Rusia bekerja sama dengan Iran untuk menghindari sanksi [AS]. Kami mengimpor banyak barang kami dari Rusia."

Komentar anggota parlemen Iran itu muncul di tengah laporan dari pejabat intelijen Barat dan AS bahwa Iran baru-baru ini telah mentransfer rudal balistik jarak pendek ke Rusia untuk digunakan melawan Ukraina.

Blinken: Rusia terima rudal dari Iran, peringatkan ancaman terhadap keamanan Eropa

Rusia telah menerima rudal balistik dari Iran dan kemungkinan akan menggunakannya di Ukraina dalam beberapa minggu, Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengatakan pada hari Selasa, memperingatkan bahwa kerja sama antara Moskow dan Teheran mengancam keamanan Eropa yang lebih luas, Reuters melaporkan.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas