Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

IDF Cari Alasan, Sebut Pasukan Israel Kemungkinan Tidak Sengaja Membunuh Aktivis AS di Tepi Barat

Militer Israel IDF menyatakan, Pasukan Israel kemungkinan besar 'tidak sengaja' membunuh aktivis AS di Tepi Barat.

Editor: Muhammad Barir
zoom-in IDF Cari Alasan, Sebut Pasukan Israel Kemungkinan Tidak Sengaja Membunuh Aktivis AS di Tepi Barat
International Solidarity Movement (ISM)
Aktivis keturunan Turki-AS, Aysenur Ezqi Eygi (26) tewas ditembak penembak jitu Israel saat berdemonstrasi menentang permukiman liar warga Zionis di Tepi Barat pada Jumat (6/9/2024). 

IDF Cari Alasan, Sebut Pasukan Israel Kemungkinan Tidak Sengaja Membunuh Aktivis AS di Tepi Barat

TRIBUNNEWS.COM- Militer Israel IDF menyatakan, Pasukan Israel kemungkinan besar 'tidak sengaja' membunuh aktivis AS di Tepi Barat.

Militer Israel mengatakan sangat mungkin pasukannya melepaskan tembakan yang menewaskan seorang wanita Amerika-Turki dalam sebuah protes di Tepi Barat yang diduduki minggu lalu, tetapi mengatakan kematiannya tidak disengaja dan menyatakan penyesalan yang mendalam, Reuters melaporkan.




Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pembunuhan itu “tidak beralasan dan tidak dapat dibenarkan” dan menunjukkan pasukan keamanan Israel perlu membuat beberapa perubahan mendasar dalam aturan keterlibatan mereka.

Para pejabat Turki dan Palestina mengatakan Jumat lalu bahwa pasukan Israel menembak Aysenur Ezgi Eygi yang berusia 26 tahun, yang telah mengambil bagian dalam protes terhadap perluasan permukiman ilegal selama pawai protes rutin oleh para aktivis di Beita, sebuah desa dekat Nablus.

Komandan Pasukan Pertahanan Israel telah melakukan penyelidikan atas insiden tersebut, kata militer dalam sebuah pernyataan hari ini.

“Penyelidikan menemukan bahwa sangat mungkin dia terkena tembakan IDF secara tidak langsung dan tidak sengaja yang tidak ditujukan kepadanya, tetapi ditujukan kepada provokator utama kerusuhan,” kata militer.

BERITA TERKAIT

“Insiden tersebut terjadi selama kerusuhan berdarah di mana puluhan tersangka Palestina membakar ban dan melemparkan batu ke arah pasukan keamanan di Persimpangan Beita.”

“IDF menyampaikan penyesalan terdalamnya atas kematian Aysenur Ezgi Eygi,” tambahnya.

Israel telah mengirimkan permintaan kepada otoritas Palestina untuk melakukan otopsi, katanya.

Pada hari Jumat, militer Israel mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki laporan bahwa seorang warga negara asing perempuan "tewas akibat tembakan yang dilepaskan di daerah tersebut. Rincian insiden dan keadaan saat dia terkena tembakan sedang ditinjau."

Para pejabat AS kemudian meminta agar penyelidikan menyeluruh dilakukan, dan mengatakan Washington akan menunda pengambilan keputusan sampai Israel menyampaikan temuannya.

Gerakan Solidaritas Internasional (ISM) yang dipimpin Palestina mengatakan pada hari Jumat bahwa Israel "sengaja" menargetkan Eygi dan membantah klaim Israel bahwa protes tersebut tidak berlangsung damai.

Tentara Israel jarang menghadapi pertanggungjawaban atas serangan yang mereka lakukan terhadap warga Palestina atau warga internasional, jadi dukunglah kasus Palestina. Sejak serangan Israel di Gaza, tentara pendudukan Israel dituduh memperkosa pria Palestina saat ditahan, dengan rekaman video yang bocor menunjukkan penyiksaan tersebut.

Namun setelah tentara ditangkap , warga Israel dan anggota parlemen menyerbu fasilitas tempat mereka ditahan dan menuntut pembebasan mereka. Sejak saat itu, seorang rabi senior memberkati salah satu tentara dan berkata, apa yang Anda lakukan? Memukul musuh? Jadi apa?”

SUMBER: MIDDLE EAST MONITOR

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas