Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nasib Pasien Gaza Utara Diambang Kematian Buntut Krisis BBM yang Melanda RS Indonesia

RS Indonesia yang berada di wilayah Gaza Utara terancam tutup usai mengalami krisi BBM parah.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Nasib Pasien Gaza Utara Diambang Kematian Buntut Krisis BBM yang Melanda RS Indonesia
AP/Adel Hana
Tak hanya RS Indonesia, Rumah Sakit Kamal Adwan di Gaza utara juga memperingatkan akan menghentikan operasinya dalam waktu 48 jam karena kekurangan bahan bakar. Hal ini mengancam nyawa pasien yang dirawat di RS Gaza Utara. 

TRIBUNNEWS.COM - Rumah Sakit (RS) Indonesia yang berada di wilayah Gaza Utara terancam tutup di usai mengalami krisis bahan bakar yang parah.

Peringatan tersebut diungkap Direktur RS Indonesia, Mourwan Sultan, pada Selasa (10/9/2024).

Dalam keterangan resmi yang dikutip Anadolu, Sultan mengatakan rumah sakit tersebut kini menghadapi krisis bahan bakar yang bisa menyebabkan berhentinya semua layanan medis dalam 48 jam kedepan.




Dia jika bahan bakar tak kunjung datang, operasi rumah sakit tak bisa maksimal dan bisa memicu lebih banyak pasien meninggal.

"Rumah Sakit Indonesia menghadapi kekurangan bahan bakar yang parah, yang mengancam akan menghentikan layanan medis sepenuhnya," kata Direktur RS Indonesia Mourwan Sultan.

"Ruang operasi terus beroperasi tanpa henti sepanjang waktu, layanan medis bisa terhenti total yang dapat mengakibatkan kematian pada pasien-pasien,” imbuhnya.

Israel Jadi Biang Keroknya

Tak hanya RS Indonesia, Rumah Sakit Kamal Adwan di Gaza utara juga memperingatkan akan menghentikan operasinya dalam waktu 48 jam karena kekurangan bahan bakar.

BERITA TERKAIT

Adapun ancaman krisis BBM mulai dialami RS Indonesia dan RS Kamal Adwan setelah Israel terus menghalangi pengiriman pasokan bahan bakar yang masuk ke Gaza Utara.

Pemerintah Israel melarang masuknya bahan bakar ke Gaza, menyusul pecahnya pertempuran antara kelompok Hamas di Palestina dan Israel di Gaza.

PBB dan organisasi internasional sendiri sudah memperingatkan, kekurangan bahan bakar telah menimbulkan banyak dampak negatif. Terutama di rumah sakit, yang bergantung pada bahan bakar untuk menjalankan generator listrik.

Baca juga: RS Indonesia di Gaza: Dibombardir, Dituding Jadi Markas Hamas, Kini Jadi Markas Tentara Israel

Namun kecaman tersebut tak membuat Israel melunak, justru pemerintahan Teheran semakin agresif melakukan pembatasan. Menolak masuknya bahan bakar, obat-obatan, dan pasokan medis penting ke wilayah Gaza Utara.

Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu berdalih pembatasan dilakukan agar bahan bakar tidak disalahgunakan Hamas untuk menyerang Israel.

"Pembatasan BBM Israel ini menimbulkan ancaman yang signifikan terhadap kehidupan banyak pasien dan korban luka yang saat ini tengah menjalani perawatan," imbuh pihak rumah sakit dalam sebuah pernyataan.

Fasilitas Kesehatan Gaza Rusak

Terpisah serangan Israel yang menggila telah membuat 84 persen fasilitas kesehatan yang ada di Gaza rusak parah.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas