Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Operasi Arbaeen Hizbullah ke Pangkalan Glilot Israel Dinilai Berhasil 22 Tewas 74 Dilaporkan Terluka

Serangan Hizbullah Lebanon terhadap pangkalan Glilot dinilai sangat berhasil. Menurut sumber tersebut, serangan telah mengakibatkan banyak korban

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Operasi Arbaeen Hizbullah ke Pangkalan Glilot Israel Dinilai Berhasil 22 Tewas 74 Dilaporkan Terluka
MNA/screenshot
Kota Safed di wilayah utara negara pendudukan Israel mengalami pemadaman listrik secara massal saat diguyur serangan roket besar-besaran gerakan perlawanan Hizbullah, Jumat (13/9/2024). 

Operasi Arbaeen Hizbullah ke Pangkalan Glilot Dinilai Berhasil, 22 Tewas 74 Dilaporkan Terluka

TRIBUNNEWS.COM- Serangan Hizbullah Lebanon terhadap pangkalan Glilot dinilai sangat berhasil.

Menurut sumber tersebut, serangan tersebut telah mengakibatkan banyak korban dalam unit intelijen Israel, dengan korban tewas mencapai 22 orang dan 74 anggota IDF dilaporkan terluka.




Sumber keamanan Eropa telah melaporkan kepada Al Mayadeen bahwa serangan terbaru oleh Perlawanan Islam di Lebanon - Hizbullah yang menargetkan markas besar Unit 8200 di pangkalan Glilot dan pangkalan udara Ein Shemer telah berhasil secara substansial.

Menurut sumber tersebut, serangan tersebut, yang dijuluki Operasi Arbaeen , telah mengakibatkan banyak korban jiwa dalam unit intelijen Israel, dengan korban tewas mencapai 22 orang dan 74 anggota dilaporkan terluka.

Operasi tersebut merupakan target utama respon terhadap pembunuhan Komandan Fouad Shokor yang gugur syahid, sebagaimana dikonfirmasi oleh Sekretaris Jenderal Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah pada tanggal 25 Agustus.

Dalam pidatonya, Sayyed Nasrallah menjuluki operasi respons tersebut sebagai Operasi Arbain dan membantah klaim Israel yang mendahului dan menyusulnya.

BERITA TERKAIT

Sayyed Nasrallah menekankan bahwa pangkalan Glilot terletak 110 km dari Garis Biru antara Lebanon dan Palestina yang diduduki, dan 1.500 meter dari pinggiran Tel Aviv, sehingga menempatkannya tepat di luar Tel Aviv.

Ia menambahkan bahwa target kedua operasi tersebut adalah pangkalan udara Ein Shemer, yang terletak 75 km dari Lebanon dan 40 km dari Tel Aviv.

Ia menegaskan bahwa "sejumlah besar pesawat nirawak mengenai sasaran yang dituju, tetapi musuh merahasiakan semua rincian yang relevan, tetapi siang dan malam akan mengungkap kebenaran tentang apa yang terjadi di sana."

Sayyed Nasrallah menjelaskan bahwa operasi tersebut melibatkan dua tahap.

Tahap awal difokuskan pada penargetan lokasi dan barak di wilayah Palestina utara yang diduduki dengan ratusan roket yang dimaksudkan untuk menguras dan menghancurkan Iron Dome dan rudal pencegat, yang membuka jalan bagi tahap kedua, yang menyaksikan kawanan drone menuju target yang dituju.

Mengenai pedoman yang ditetapkan oleh Perlawanan untuk memilih target tersebut, Sayyed Nasrallah mencatat bahwa mereka harus bersifat militer, bukan sipil , terkait langsung dengan pembunuhan pemimpin yang syahid, dan berlokasi jauh di dalam wilayah pendudukan dan dekat dengan Tel Aviv.

Perlawanan Islam di Lebanon - Hizbullah terus menyerang lokasi militer Israel, pertemuan tentara, dan peralatan militer di garis depan utara untuk mendukung rakyat Gaza dan Perlawanan mereka yang berani, serta dalam rangka membela Lebanon Selatan dari agresi Israel yang terus-menerus.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas