Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ada Indonesia, Negara Kelompok Kontak Arab-Islam Serukan Penarikan Penuh Pasukan Israel dari Gaza

Kelompok ini mencakup pejabat dari Turki, Yordania, Qatar, Mesir, Arab Saudi, Indonesia, Nigeria, dan Palestina.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Ada Indonesia, Negara Kelompok Kontak Arab-Islam Serukan Penarikan Penuh Pasukan Israel dari Gaza
SHARON ARONOWICZ/AFP
Tentara Israel berpatroli di sepanjang koridor Philadelphia di Rafah di Jalur Gaza pada 13 September 2024. 

Termasuk Indonesia, Kelompok Kontak Arab-Islam Serukan Penarikan Penuh Pasukan Israel dari Gaza

TRIBUNNEWS.COM - Kelompok Kontak Arab-Islam di Gaza, Jumat (13/9/2024), menyerukan penarikan penuh pasukan Israel dari Jalur Gaza, termasuk dari daerah perbatasan dengan Mesir, yang dikenal sebagai Koridor Philadelphia.

Dilansir Anadolu Agency, hal itu disampaikan dalam sebuah pernyataan, yang diterbitkan oleh Kementerian Luar Negeri Mesir, di akhir pertemuan kelompok tersebut di ibu kota Spanyol, Madrid.

Baca juga: Israel Bikin Marah Dua Negara Tetangga, Yordania Bela Mesir Soal Koridor Philadelphia 




Kelompok Kontak tersebut dibentuk pada pertemuan puncak gabungan Organisasi Kerja Sama Islam dan Liga Arab di Arab Saudi pada November untuk menghentikan konflik di Gaza dan membantu mencapai perdamaian abadi.

Kelompok ini mencakup pejabat dari Turki, Yordania, Qatar, Mesir, Arab Saudi, Indonesia, Nigeria, dan Palestina.

Pernyataan tersebut menegaskan "dukungan penuh" kelompok tersebut terhadap upaya mediasi Qatar, Mesir, dan AS untuk mengakhiri perang Israel di Gaza.

"Kami tegaskan kembali seruan kami untuk gencatan senjata segera dan permanen di Gaza dan pembebasan para sandera dan tahanan," kata pernyataan Kelompok Kontak Arab-Islam.

BERITA TERKAIT

Pernyataan itu juga menyerukan "pemulihan kembali kendali penuh Otoritas Palestina atas Perlintasan Rafah dan semua wilayah perbatasan (...) termasuk Koridor Philadelphia."

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, bersikeras mempertahankan kendali atas Koridor Philadelphia di perbatasan Gaza-Mesir, sebuah sikap yang ditolak keras oleh Hamas.

Selama berbulan-bulan, AS, Qatar, dan Mesir telah berusaha mencapai kesepakatan antara Israel dan Hamas untuk memastikan pertukaran tahanan dan gencatan senjata serta mengizinkan bantuan kemanusiaan memasuki Gaza.

Namun upaya mediasi telah terhenti karena penolakan Netanyahu untuk memenuhi tuntutan Hamas untuk menghentikan perang.

Israel telah melanjutkan serangan brutal di Jalur Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera.

Lebih dari 41.100 orang, sebagian besar wanita dan anak-anak, telah tewas sejak saat itu dan lebih dari 95.000 lainnya terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Blokade yang terus berlanjut di daerah kantong tersebut telah menyebabkan kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan yang parah, sehingga sebagian besar wilayah tersebut hancur.

Israel menghadapi tuduhan genosida atas tindakannya di Gaza di Mahkamah Internasional.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas