Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Zelensky: Negara Barat Takut Bantu Ukraina Lawan Rusia, padahal Mereka Bisa Lindungi Israel

Zelensky sebut negara Barat takut bantu Ukraina hadapi Rusia padahal mereka bisa mempersenjatai dan melindungi Israel dari serangan Iran.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nuryanti
zoom-in Zelensky: Negara Barat Takut Bantu Ukraina Lawan Rusia, padahal Mereka Bisa Lindungi Israel
eremnews
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky berbicara dalam konferensi tahunan Platform Krimea di Kyiv, Ukraina, pada Jumat (13/9/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, kembali mengungkapkan kekecewaannya karena sekutunya, negara-negara Barat, tidak membantu Ukraina seperti mereka membantu Israel.

"Negara-negara Barat terlalu takut untuk meningkatkan kemungkinan penembakan rudal dan drone Rusia yang menargetkan Ukraina, meskipun negara-negara Barat membantu Israel dan melakukan hal tersebut," kata Zelensky dalam konferensi tahunan Platform Krimea di Kyiv, pada Jumat (13/9/2024).

"Jika sekutu bersama-sama menembak jatuh rudal dan drone di lokasi di Timur Tengah, mengapa tidak ada keputusan serupa untuk bersama-sama menembak jatuh rudal Rusia dan drone Shahed (Iran) di langit Ukraina?" lanjutnya.




Zelensky mengingat momen ketika sekutunya, Amerika Serikat (AS) dan Inggris, mengerahkan jet tempur ke Israel untuk menembak jatuh rudal dan drone yang diluncurkan Iran dalam serangan balasan pada 14 April lalu.

Koalisi yang dibentuk secara tergesa-gesa termasuk AS dan Inggris telah membantu Israel menembak jatuh pesawat tak berawak Iran di atas Yordania, Irak, dan Suriah dalam upaya untuk meredam ratusan serangan, menurut laporan The Guardian pada April lalu.

Sementara itu, Zelensky berharap mereka dapat melakukan hal yang sama terhadap Ukraina, sama seperti mereka melindungi Israel.

Namun, ia kecewa karena sekutunya tidak dapat melakukannya untuk menahan serangan Rusia terhadap Ukraina.

BERITA TERKAIT

"Mereka bahkan takut untuk mengatakan, 'Kami sedang mengerjakannya'," katanya, seperti diberitakan Al-Watan News.

Zelensky Punya 'Rencana Besar' agar Putin Menyerah

Pemimpin Ukraina itu mengungkapkan dia akan bertemu dengan Presiden AS Joe Biden pada bulan September ini.

Ia akan menyampaikan kepadanya tentang rencana kemenangan yang dia persiapkan untuk mengakhiri perang dengan Rusia, menurut apa yang dilaporkan oleh Agence France-Presse (AFP).

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-934: Joe Biden Abaikan Ancaman Putin soal NATO Dianggap Ikut Perang

“Saya dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joe Biden bulan ini, dan saya akan menyampaikan kepadanya rencana kemenangan," kata Zelensky.

Ia memberikan sedikit bocoran dengan mengatakan rencana itu dapat memberikan efek psikologis bagi Rusia.

Zelensky mengatakan jika rencana itu didukung oleh sekutu, maka Ukraina dapat meraih kemenangan.

"Jika didukung oleh mitra kami, ini akan memudahkan Ukraina untuk memaksa Rusia mengakhiri perang," kata Zelensky optimis, menurut laporan Reuters.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas