Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Ternyata Rentan Dijebol, Ini Daftar Serangan Besar yang Menghantam Tel Aviv Sejak 7 Oktober

Mulai dari Hamas, Hizbullah, hingga Iran, pernah menjebol sistem pertahanan Israel yang katanya tak tertembus. Tel Aviv dihajar roket-roket perlawanan

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Israel Ternyata Rentan Dijebol, Ini Daftar Serangan Besar yang Menghantam Tel Aviv Sejak 7 Oktober
Anadolu
(Foto ilustrasi) Brigade Al-Qassam meluncurkan sejumlah roket ke Tel Aviv, Israel, Minggu (26/5/2024). 

Israel Ternyata Gampang Dibobol, Berikut Daftar Serangan Besar yang Menghantam Tel Aviv Sejak 7 Oktober

TRIBUNNEWS.COM - Tentara Israel (IDF) mengatakan pada Minggu (15/9/2024), sebuah rudal berjenis surface-to-surface missile  alias rudal “darat ke permukaan” ditembakkan ke Israel tengah dari Yaman.

Belakangan, kelompok Ansarallah (Houthi) mengaku bertanggung jawab atas serangan rudal tersebut.

Baca juga: Media Israel Terheran-heran, Kok Bisa Rudal Houthi Menghindari Radar Canggih IDF dan Amerika?




IDF mengklaim rudal itu mendarat di daerah tak berpenghuni dekat Tel Aviv, dalam serangan terbaru sejak awal agresi Israel ke Gaza.

Terlepas dari klaim dari IDF kalai rudal itu menghantam area tak berpenghuni, serangan pada Minggu tersebut sekali lagi menegaskan kalau sistem pertahanan Israel tidak lagi sedigdaya yang digembar-gemborkan.

Bahkan, sejak serangan Banjir Al Aqsa pada 7 Oktober 2023 terjadi, Tel Aviv, kota utama sekaligus simbol negara pendudukan, telah berulang kali dihantam serangan.

Sebagai catatan, serangan ke Tel Aviv ini datang dari banyak pihak, mulai dari lokasi yang 'terdekat', milisi Perlawanan Palestina, milisi perlawanan Irak, Hizbullah Lebanon, Houthi Yaman, hingga Iran yang berjarak ribuan kilometer.

BERITA TERKAIT

Penting untuk digarisbawahi, Israel juga didukung oleh sistem pertahanan dari para sekutu mereka mulai dari Amerika Serikat (AS) hingga negara-negara Barat yang memiliki sistem radar canggih untuk memberitahu secara segera ancaman yang datang ke Israel.

Toh, faktor-faktor tersebut tidak membuat Tel Aviv aman dari serangan. 

Dilansir Khaberni, berikut tinjauan soal serangan paling menonjol yang dialami Tel Aviv sejak dimulainya perang Israel pada 7 Oktober:

1 Januari 2024

Kota Tel Aviv menjadi sasaran awal tahun baru oleh lebih dari 20 rudal milisi Palestina, 10 di antaranya berhasil dicegat, sementara pecahan rudal pencegat jatuh di daerah Rehovot dekat Rumah Sakit Kaplan.

8 Januari 2024

Perlawanan Palestina mengebom Greater Tel Aviv dan 20 kota di Israel selatan dengan 20 rudal.

Sejumlah roket ditembakkan Hamas dari Kota Gaza menuju Israel pada 7 Oktober 2023. Lusinan roket ditembakkan dari Jalur Gaza yang diblokade menuju Israel pada 7 Oktober 2023, kata seorang jurnalis AFP di wilayah Palestina, saat sirene peringatan akan adanya tembakan berkobar di Israel. (SAID Khatib/AFP)
Sejumlah roket ditembakkan Hamas dari Kota Gaza menuju Israel pada 7 Oktober 2023. Lusinan roket ditembakkan dari Jalur Gaza yang diblokade menuju Israel pada 7 Oktober 2023, kata seorang jurnalis AFP di wilayah Palestina, saat sirene peringatan akan adanya tembakan berkobar di Israel. (SAID Khatib/AFP) (AFP/SAID KHATIB)
Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas