Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pasukan Israel Tingkatkan Status Siaga Maksimum Pasca-Ledakan Massal Pager Hizbullah

bersiap menghadapi kemungkinan pembalasan dari Hizbullah. Pelabuhan Eilat dan Haifa diyakini bakal jadi target pembalasan

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Pasukan Israel Tingkatkan Status Siaga Maksimum Pasca-Ledakan Massal Pager Hizbullah
rntv/tangkap layar
Korban ledakan alat komunikasi yang dibawa anggota Hizbullah. Perang komunikasi khusus ini dilaporkan diretas oleh Pasukan Israel dalam sebuah serangan siber besar-besaran. 

Pasukan Israel Tingkatkan Status Siaga Maksimum Pasca-Ledakan Massal Pager Hizbullah 

TRIBUNNEWS.COM - Media Ibrani, Selasa (17/9/2024) melaporkan kalau Komando Utara Pasukan Israel (IDF), intelijen, dan militer Israel berada dalam siaga tinggi setelah ledakan perangkat komunikasi Hizbullah di Lebanon.

Serangan siber besar-besaran Israel itu itu mengakibatkan kematian 8 orang dan lebih dari 2.800 orang lainnya cedera.

Baca juga: Serangan Siber Besar-besaran Israel, Ledakan Pager Anggota Hizbullah di Lebanon Lukai Ratusan Orang 

Otoritas Penyiaran Israel (IBA) mengumumkan bahwa tingkat siaga telah dinaikkan di semua pelabuhan, termasuk Eilat.

"Perwira senior telah dipanggil untuk konsultasi keamanan mendesak di Kementerian Pertahanan di Tel Aviv," kata laporan tersebut. 

Selain itu, media lain Israel, Israel Hayom melaporkan bahwa Tel Aviv bersiap menghadapi kemungkinan pembalasan dari Hizbullah.

Pejabat di Kementerian Transportasi secara aktif mempersiapkan kemungkinan skenario di Pelabuhan Haifa, Bandara Ben Gurion, dan lokasi penting lainnya. 

Serpihan alat komunikasi petempur Hizbullah Lebanon yang meledak. Alat komunikasi itu, mulai dari pager, handy talkie, hingga handphone diduga kena retas oleh Israel hingga meledak saat dibawa.
Serpihan alat komunikasi petempur Hizbullah Lebanon yang meledak. Alat komunikasi itu, mulai dari pager, handy talkie, hingga handphone diduga kena retas oleh Israel hingga meledak saat dibawa. (MNA/Tangkap Layar)

Mossad Israel Tanam 20 Gram Bahan Peledak Pentaerythritol tetranitrate PETN di Baterai Pager

BERITA TERKAIT

Terungkap Badan Mata-mata Israel, Mossad telah menanam 20 gram bahan peledak Pentaerythritol tetranitrate PETN di Baterai Pager.

Ledakan pager yang para pejuang Hizbullah disebabkan oleh bahan peledak PETN berkekuatan tinggi yang ditanam oleh Mossad Israel, sebuah laporan mengungkapkan.

Badan mata-mata Israel Mossad diduga telah mencegat pengiriman pager baru dari Hizbullah beberapa bulan yang lalu.

Lalu mereka memasang bahan peledak berkekuatan tinggi di dalamnya — yang mengakibatkan serangan mengejutkan terhadap kelompok teror Lebanon itu pada hari Selasa, menurut laporan baru.

Agen Mossad dilaporkan menempatkan Pentaerythritol tetranitrate (PETN), bahan yang sangat mudah meledak, di dalam baterai pager, kata sumber kepada Sky News Arabia,  menurut terjemahan dari Times of Israel.

Sumber tersebut menambahkan, perangkat tersebut kemudian diledakkan oleh sinyal eksternal yang menyebabkan baterai di dalamnya menjadi terlalu panas.

Media Israel melaporkan serangan teroris di Lebanon adalah Operasi MOSSAD yang melibatkan penanaman 20 gram Pentaerythritol tetranitrate (PETN) ke dalam pager di Tel Aviv.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas