Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Roket Hizbullah Hancurkan Israel Utara, Pesawat Tempur Israel Timbulkan Kekacauan di Lebanon Selatan

Roket Hizbullah sebabkan 'kehancuran besar' di Israel utara sementara pesawat tempur menimbulkan kekacauan di Lebanon selatan.

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Roket Hizbullah Hancurkan Israel Utara, Pesawat Tempur Israel Timbulkan Kekacauan di Lebanon Selatan
X/Twitter
Serangan Terbesar Hizbullah ke Israel Utara, salvo roket hantam beberapa pos militer IDF pada Kamis (19/9/2024) 

Roket Hizbullah Hancurkan Israel Utara, Pesawat Tempur Israel Timbulkan Kekacauan di Lebanon Selatan

TRIBUNNEWS.COM- Roket Hizbullah sebabkan 'kehancuran besar' di Israel utara sementara pesawat tempur menimbulkan kekacauan di Lebanon selatan.

Baku tembak yang semakin intensif terjadi setelah serangan teror Israel terhadap Lebanon dan setelah dua tentara Israel tewas oleh Hizbullah.

Pesawat tempur Israel melancarkan serangan besar-besaran dan membabi buta di wilayah selatan Lebanon pada tanggal 19 September, saat Hizbullah meningkatkan serangannya terhadap pemukiman utara dan lokasi militer Israel

"Jumlah serangan udara yang dilancarkan oleh pesawat tempur musuh sejak pukul 21.00 hari ini telah melampaui 52," kata koresponden Kantor Berita Nasional Lebanon (NNA) pada Kamis malam. "Serangan ini menargetkan kawasan hutan di Al-Mahmoudiyah, pinggiran Al-Aishiyah, Dataran Tinggi Al-Rayhan, dan sekitar Sungai Barghaz," menurut NNA. 

Israel juga “menembakkan 10 roket ke arah Birkat al-Jabour” di Lebanon selatan dan melancarkan serangan udara yang menargetkan wilayah dekat Danau Qaraoun di wilayah Bekaa timur Lebanon.

Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Kamis malam bahwa mereka menyerang apa yang digambarkannya sebagai lebih dari 100 peluncur roket Hizbullah

BERITA TERKAIT

Hizbullah melakukan 17 operasi terhadap Israel pada 19 September. 

Dalam rangka operasi ke-17 dan terakhirnya pada hari Kamis, Hizbullah mengumumkan "penargetan lokasi Metula dengan salvo roket Falaq" pada malam itu, yang merupakan respons "terhadap serangan musuh" terhadap warga sipil dan desa-desa di selatan, kata Hizbullah dalam sebuah pernyataan melalui halaman medianya. 

Serangan terhadap Metula menyebabkan kerusakan besar. Koresponden Hebrew Channel 14 Boaz Golan mengatakan enam hingga delapan rudal Burkan ditembakkan ke pemukiman Metula meskipun pernyataan Hizbullah mencantumkannya sebagai Falaq. 


Peristiwa itu menyebabkan "kehancuran besar-besaran, kebakaran, dan kerusakan langsung pada bangunan... Saya belum pernah melihat kejadian seperti ini sejak dimulainya perang," kata kepala dewan regional pemukiman Metula, David Azoulay. "Pemerintah Israel tidak melakukan apa pun untuk menghilangkan ancaman tersebut," tambah pejabat pemukim tersebut . 


Hizbullah melancarkan lebih dari selusin serangan lainnya, termasuk operasi pesawat tak berawak bunuh diri terhadap markas besar tentara yang baru didirikan di dekat Yaara, dan beberapa serangan artileri dan roket terhadap pangkalan militer, termasuk markas besar Brigade Hermon ke-810 di barak Ma'ale Golani. 

Tel Aviv mengakui tewasnya dua tentara dan cederanya sembilan lainnya akibat serangan Hizbullah pada hari Kamis. 

Serangan udara Israel menargetkan Lebanon sepanjang sebagian besar tanggal 19 September, khususnya pada menit-menit menjelang pidato pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah . 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas