Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Adik Kim Jong Un Semprot Keserakahan AS Parkirkan Kapal Selam Nuklir di Busan

Kim Yo Jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, mengkritik keberadaan kapal selam nuklir AS di pelabuhan Busan

Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Adik Kim Jong Un Semprot Keserakahan AS Parkirkan Kapal Selam Nuklir di Busan
Korea Summit Press Pool / AFP
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) menandatangani buku tamu di sebelah saudara perempuannya Kim Yo Jong (kanan) selama KTT Antar-Korea dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di gedung Peace House di sisi selatan desa Panmunjom pada tanggal 27 April 2018 

TRIBUNNEWS.COM - Kim Yo Jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, mengkritik keberadaan kapal selam nuklir AS di pelabuhan Busan, Korea Selatan.

Kim menyebutnya sebagai bukti ambisi AS untuk mengeluarkan aset strategis nuklirnya, memamerkan kekuatannya dan meningkatkan ancaman, seperti diberitakan KCNA.

USS Vermont tiba di pangkalan angkatan laut di Busan pada hari Senin untuk memasok ulang dan memungkinkan anggota awak beristirahat, kantor berita Yonhap mengutip angkatan laut Korea Selatan.

Pernyataan Kim yang dipublikasikan muncul setelah menteri luar negeri Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Jepang mengadakan pertemuan pada hari Senin di sela-sela Majelis Umum PBB.

Mereka menyatakan kekhawatiran tentang pengungkapan fasilitas pengayaan uranium oleh Korea Utara baru-baru ini dan kerja sama militer yang "melanggar hukum" dengan Rusia.

Juga sepakat untuk bekerja sama mewujudkan pertemuan puncak trilateral dalam tahun ini, kata kementerian luar negeri Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Siap Lawan AS

Kim Jong Un berjanji untuk meningkatkan kemampuan senjata nuklirnya.

BERITA REKOMENDASI

“Kami sekarang dengan sempurna melaksanakan kebijakan membangun angkatan bersenjata nuklir dengan meningkatkan jumlah senjata nuklir secara bertahap,” kata Kim pada hari Senin (9/9/2024).

Dalam pidatonya yang menandai ulang tahun ke-76 berdirinya negaranya, Kim Jong Un mengatakan ia akan menyiapkan kekuatan nuklirnya.

Menurut Kim Jong Un, dengan meningkatkan senjata nuklir Korea Utara, maka keselamatan negaranya lebih terjamin.

Baca juga: Hwasongpho-11-Da-4.5 Rudal Baru Korea Utara Makin Kuat, Bisa Bantu Rusia Ledakkan 5 Kota Ukraina

"Korea Utara harus lebih menyeluruh mempersiapkan kemampuan nuklirnya dan kesiapannya untuk menggunakannya dengan benar pada waktu tertentu dalam menjamin hak keamanan negara", kata KCNA, dikutip dari ABC.net.

Ia menegaskan kemampuan nuklir yang bertambah akan memudahkan negaranya untuk melawan Amerika Serikat.

"Kehadiran militer yang kuat diperlukan untuk menghadapi berbagai ancaman yang ditimbulkan oleh Amerika Serikat dan para pengikutnya," tambahnya.

Pemimpin Korut itu mengungkapkan kondisi negaranya saat ini sedang menghadapi ancaman serius.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas