Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rahasia Terowongan dan Komando Hizbullah Jadi Tantangan Israel di Lebanon

Tiga sumber yang dekat dengan Hizbullah mengatakan terowongan dan komando Hizbullah yang fleksibel membantu mereka bertahan dari serangan Israel.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Rahasia Terowongan dan Komando Hizbullah Jadi Tantangan Israel di Lebanon
X/Telegram/Hizbullah
Tangkapan layar video yang dirilis Hizbullah pada pertengahan Agustus 2024, menampilkan sistem jaringan terowongan bawah tanah. --- Tiga sumber yang dekat dengan Hizbullah sebut ada beberapa faktor yang membuat Hizbullah bertahan dari serangan Israel. 

TRIBUNNEWS.COM - Tiga sumber yang mengetahui operasi Hizbullah mengatakan ada sejumlah hal yang membuat Hizbullah tetap bertahan ketika Israel melancarkan serangan udara skala besar ke basis mereka di Lebanon selatan pada Senin (23/9/2024).

Serangan udara Senin lalu membunuh 560 orang dan melukai lebih dari 1.800 orang.

Sumber tersebut mengatakan, rantai komando yang fleksibel, jaringan terowongan yang luas, gudang rudal dan senjata yang sangat besar membantu Hizbullah bertahan.

Hizbullah telah memperkuat pertahanannya setidaknya selama satu tahun terakhir, yang memungkinkan mereka bertahan, seperti diberitakan Al Mayadeen.

Serangan Israel Pengaruhi Militer dan Politik Hizbullah

Meski bertahan, serangan Israel selama beberapa hari terakhir telah mempengaruhi keseimbangan Hizbullah secara politik dan militer.

Serangan itu termasuk menargetkan para pemimpin senior Hizbullah dan meledakkan perangkat komunikasi pager dan walkie-talkie berisi bom.

Ledakan perangkat komunikasi pager pada pekan lalu menyebabkan 1.500 personel militer Hizbullah tidak layak bertempur.

BERITA REKOMENDASI

"Serangan terhadap alat komunikasi tersebut menyebabkan 1.500 pejuang tidak dapat berperang karena luka-luka, banyak di antara mereka yang kehilangan penglihatan atau tangannya diamputasi," kata seorang pejabat Hizbullah, Rabu (25/9/2024), merujuk pada insiden meledaknya ribuan pager berisi bom.

Setidaknya 11 orang tewas dan lebih dari 3.000 orang terluka dalam ledakan serentak pada gelombang pertama pada Selasa (17/9/2024), menurut laporan The New York Times.

Gelombang kedua ledakan tersebut pada Rabu (18/9/2024), menewaskan 20 orang dan melukai lebih dari 450 orang.

Baca juga: Pentagon: Invasi Darat IDF ke Lebanon Terserah Israel, AS Tak Terlibat tapi Siap Bantu jika Diminta

Meskipun ini merupakan pukulan besar, namun hanya mewakili sebagian kecil dari kekuatan Hizbullah.

Menurut laporan Kongres Amerika Serikat (AS) pada Jumat (20/9/2024), memperkirakan jumlah pejuang Hizbullah antara 40.000-50.000 ribu pejuang.

Sekretaris Jenderal Hizbullah, Nasrallah, sebelumnya mengatakan kekuatan pejuang Hizbullah berjumlah 100.000 pejuang.

Komando Hizbullah yang Fleksibel

Salah satu sumber yang digambarkan sebagai pejabat keamanan senior mengatakan Hizbullah tetap membalas serangan Israel meski mengalami kekacauan dalam komandonya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas