Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Orang Dekat Vladimir Putin Ditemukan Tewas dengan Luka Tembak di Dekat Moskow

Badan penegak hukum mengatakan penyebab kematiannya awalnya ditetapkan sebagai bunuh diri tetapi beberapa pihak meragukan hal ini.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Orang Dekat Vladimir Putin Ditemukan Tewas dengan Luka Tembak di Dekat Moskow
Sputnik/POOL
Presiden Rusia Vladimir Putin 

 

TRIBUNNEWS.COM, RUSIA - Seorang pejabat tinggi Rusia, yang diduga memiliki hubungan dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, ditemukan tewas pada Selasa (1/10/2024) malam.

"Jasad Konstantin Zavizenov ditemukan oleh putranya di sebuah rumah pedesaan di distrik Istra Moskow," menurut kantor berita milik negara RIA Novosti. 

Badan penegak hukum mengatakan penyebab kematiannya awalnya ditetapkan sebagai bunuh diri tetapi beberapa pihak meragukan hal ini.

Zavizenov, 50 tahun, telah mabuk-mabukan selama satu setengah minggu sebelum kematiannya, menurut situs berita Lenta seperti dilansir dari Newsweek

Putranya menemukan sebuah catatan dan alkohol di atas meja di rumah tersebut, sebelum mendengar suara tembakan di ruangan lain di rumah tersebut.

Lenta juga melaporkan bahwa istri Zavizenov baru-baru ini memergokinya berselingkuh dan telah mengajukan gugatan cerai.

BERITA REKOMENDASI

Berita kematiannya diinformasikan oleh pembalap mobil kelahiran Ukraina dan komentator politik Igor Sushko, yang menyatakan skeptisisme atas klaim bunuh diri Zavizenov.

"Konstantin Zavisenov, mantan Menteri Bahan Bakar, Energi & Industri Batubara untuk Republik Rakyat Luhansk yang diduduki di Ukraina dibunuh di Moskow dengan tembakan di kepala," tulis Sushko di X (twitter).

 "Ia hanya memiliki satu derajat keterpisahan dari Putin sendiri melalui keluarga mafia Kovalchuk.

Menurut saluran Telegram Rusia Cheka, dari  2010 hingga 2016, Zavizenov menjabat sebagai direktur manajemen risiko di Inter RAO, sebuah perusahaan induk energi yang berkantor pusat di Moskow.

Pada saat pengangkatan Zavizenov, salah satu perusahaan energi terbesar di negara itu dipimpin oleh Boris Kovalchuk, putra Yuri Kovalchuk .

Kovalchuk adalah seorang pemilik bisnis miliarder dan oligarki Rusia, yang digambarkan oleh jurnalis Rusia Mikhail Zygar sebagai "orang kedua de facto di Rusia."

Oleh Radio Liberty yang didanai pemerintah Amerika menyebutnya sebagai "bankir pribadi Putin."

Zavizenov sebelumnya menjabat sebagai Menteri Bahan Bakar, Energi, dan Industri Batubara untuk Republik Rakyat Luhansk , wilayah separatis yang tidak diakui secara internasional di Ukraina timur, yang didirikan pada tahun 2014 setelah Revolusi Maidan Ukraina .

Sebagai anggota pemerintahan yang memproklamirkan diri di Oblast, yang dianeksasi oleh Rusia pada tahun 2022, Zavizenov diangkat ke jabatannya pada bulan Agustus tahun itu, dan kemudian terlibat dalam kegiatan separatis di wilayah tersebut.

Ia juga bertanggung jawab untuk menyelenggarakan referendum yang bertujuan mengintegrasikan Luhansk ke Rusia, menurut situs web pemantauan sanksi OpenSanctions .

Meskipun ia diberhentikan dari jabatannya pada bulan Juni 2023, keterlibatannya membuatnya masuk dalam daftar individu yang dikenai sanksi oleh Uni Eropa , Inggris, dan beberapa negara lain.

Zavizenov juga dimasukkan dalam Daftar Enabler Perang , yang diterbitkan oleh Yayasan Anti-Korupsi, sebuah organisasi yang didirikan oleh oposisi Putin terkemuka, Alexei Navalny , yang meninggal pada tahun 2023 setelah dipenjara di Rusia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas