Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Iran Punya 10 Skenario Hadapi Respons Israel: Tak Ada Kata Kalah di Kamus Kami

Iran menyiapkan 10 skenario untuk menghadapi respon Israel atas serangan balasan Iran pada 1 Oktober 2024, sebut tak ada kata 'Kalah' di kamus Iran.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nuryanti
zoom-in Iran Punya 10 Skenario Hadapi Respons Israel: Tak Ada Kata Kalah di Kamus Kami
X/Ayatollah Ali Khamenei/@khamenei_ir
Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. --- Iran menyiapkan 10 skenario untuk menghadapi respon Israel terhadap serangan balasan Iran pada 1 Oktober 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Unit perencanaan di Angkatan Bersenjata Iran telah menyiapkan setidaknya 10 skenario yang sesuai untuk menanggapi setiap serangan Israel, yang akan mereka terapkan jika diperlukan.

"Skenario ini memiliki potensi untuk diperbarui, dan ini adalah bukti keseriusan Iran dalam menanggapinya,” kata sumber-sumber militer Iran yang mengonfirmasi kepada Tasnim Agency Iran, Senin (7/10/2024).

Sumber itu mengatakan Iran bisa membalas serangan Israel dengan cara yang sama ataupun berbeda dari cara Israel menyerang Iran.

“Tanggapan Iran tidak harus berupa perlakuan timbal balik dan pada tingkat yang sama dengan apa yang dilakukan Iran. Israel melakukan hal yang sama, namun hal ini bisa menjadi lebih parah dan mencakup tujuan yang berbeda untuk meningkatkan efektivitas situasi tersebut," lanjutnya.

Sumber-sumber militer Iran menunjukkan wilayah Israel jauh lebih kecil daripada wilayah Iran, sehingga serangan balasan di wilayah itu dapat menyebabkan dampak yang besar.

“Geografi entitas Zionis jauh lebih kecil daripada Iran dan infrastrukturnya lebih sensitif, dan respons Iran dapat menciptakan masalah yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi entitas tersebut,” kata sumber itu.

“Banyak negara telah memberi tahu Iran bahwa mereka (Israel) akan melakukan hal yang sama," tambahnya.

BERITA REKOMENDASI

Iran juga mengancam negara mana pun yang membantu Israel untuk menyerang Iran akan mendapat balasan yang sama seperti Israel.

"Kami bersumpah bahwa negara mana pun yang membantu Zionis dalam potensi agresi mereka (terhadap Iran) telah melewati garis merah Iran dan akan dirugikan," lanjutnya.

Tidak Ada "Kekalahan" dalam Kamus Iran

Ketua Parlemen Iran, Mohammad Bagher Qalibaf, mengatakan Iran tidak akan menyerah dalam menghadapi agresi dan serangan Israel.

Baca juga: Iran Telah Siapkan Respons jika Israel Balas Menyerang, Ada Banyak Target Iran

"Republik Islam Iran tidak dan tidak akan membuat kesalahan dalam perhitungan dalam menghadapi Israel," katanya saat berbicara di Forum Solidaritas dengan Anak-anak dan Pemuda Palestina yang diadakan di Teheran pada Senin kemarin.

“Tidak ada tempat untuk kekalahan dalam kamus kami," lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Pertama Iran, Mohammad Reza Arif, mengatakan Iran tidak akan mundur dari komitmennya, meski mendapat banyak ancaman.

"Ancaman apa pun tidak akan mendorong kita untuk mundur,” kata Mohammad Reza Arif, seperti diberitakan Middle East News.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas