Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Iran dan Oman Kirim Kapal Perang ke Selat Hormuz, Ada Apa? Menlu: Iran Siap Hadapi Semua Skenario

Pengerahan kapal perang ini terjadi di tengah memuncaknya eskalasi imbas dari Perang Gaza di mana akhirnya Iran dan Israel adu serangan langsung

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Iran dan Oman Kirim Kapal Perang ke Selat Hormuz, Ada Apa? Menlu: Iran Siap Hadapi Semua Skenario
SCMP
Iran kini membangun aliansi militer baru dengan mengajak Rusia dan China untuk menghadapi militer Amerika Serikat yang kini makin mengancam negaranya sejak konflik Hamas dan Israel meluas hingga ke Yaman dan Irak. 

Iran dan Oman Kirim Kapal Perang ke Selat Hormuz, Ada Apa? Menlu Iran: Kami Siap Hadapi Semua Skenario

TRIBUNNEWS.COM - Iran dan Oman, dua negara di Timur Tengah, kawasan yang tengah bergejolak, dilaporkan mengerahkan kapal perang dan kapal perusak angkatan laut mereka ke Selat Hormuz.

Pengerahan kapal perang ini terjadi di tengah memuncaknya eskalasi imbas dari berlarutnya Perang Gaza, di mana akhirnya Iran terlibat langsung dalam pertukaran serangan dengan Israel.

Tel Aviv diketahui menyatakan bersumpah akan membalas serangan ratusan rudal Iran pada 1 Oktober silam.

Baca juga: Yaman Bombardir Pangkalan Militer Israel di Tel Aviv, Houthi Kirim Pesan ke Hamas, Iron Dome Rontok?

 

Belakangan diketahui, Iran dan Oman tengah menggelar latihan perang gabungan dalam misi latihan penyelamatan gabungan di laut.

"Latihan ini diadakan dengan partisipasi kapal perang dan kapal perusak angkatan laut tentara Iran dan IRGC serta Angkatan Laut Kerajaan Oman yang diselenggarakan oleh negara ini," tulis MNA, Kamis (10/10/2024).

BERITA REKOMENDASI

Latihan penyelamatan maritim gabungan angkatan laut Iran dan Oman, berdasarkan rencana operasional pangkalan laut, diadakan di perairan Samudra Hindia utara dan Selat Hormuz.

Angkatan Laut Republik Iran menggelar latihan angkatan laut bertajuk Force-99 di Laut Oman pada tanggal 14 Januari 2021.
Angkatan Laut Republik Iran menggelar latihan angkatan laut bertajuk Force-99 di Laut Oman pada tanggal 14 Januari 2021. (Militer Iran/Anadolu Agency)

"Latihan diselenggarakan oleh Angkatan Laut Oman dan dengan partisipasi kapal tempur Angkatan Laut Iran, IRGC, dan unit tempur permukaan dan terbang Angkatan Laut Oman," kata laporan tersebut.

Latihan gabungan ini diberi nama "Falcons of Mountain-1".

Latihan ini diadakan untuk meningkatkan kesiapan tempur dan melaksanakan perjanjian terkait skenario keamanan maritim di komisi persahabatan militer gabungan Iran dan Kesultanan Oman.

Kehadiran efektif kapal perusak Jamaran Iran bersama dengan unit tempur permukaan lain dari Angkatan Laut IRGC dalam latihan ini menunjukkan kemandirian nasional di bidang peralatan pertahanan angkatan laut.

Abbas Araghchi
Abbas Araghchi (X)

Menlu Iran: Kami Siap Hadapi Semua Skenario, Kami Tidak Mencari Perang

Terkait konflik yang sedang berlangsung Menteri luar negeri Iran mengatakan kepada media Qatar kalau negaranya tidak mencari perang tetapi siap menghadapi skenario apa pun yang dirancang oleh musuh (rezim Israel).

Araghchi, yang telah melakukan perjalanan ke Doha, dalam wawancara dengan Al Jazeera dalam menanggapi ancaman rezim Israel, menekankan, "Meskipun kami tidak mencari peningkatan ketegangan, kami siap untuk skenario apa pun, Israel dapat menguji tekad kami."

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas