Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Iran Siap Hadapi Israel jika Diserang, Pastikan Tetap Dukung Perlawanan Anti-Zionis

Iran siap ambil tindakan lebih kuat jika diserang Israel, pastikan tetap dukung perlawanan termasuk Hamas, Hizbullah Lebanon, PIJ, Hizbullah Irak.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Iran Siap Hadapi Israel jika Diserang, Pastikan Tetap Dukung Perlawanan Anti-Zionis
X/Ayatollah Ali Khamenei/@khamenei_ir
Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. --- Iran siap menghadapi Israel jika diserang. Menteri Luar Negeri Iran sebut negaranya tetap mendukung perlawanan. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Iran, Abbas Araghchi, mengatakan Iran tidak akan ragu-ragu dan sepenuhnya siap untuk mengambil tindakan defensif yang lebih banyak dan lebih kuat dalam menghadapi agresi apa pun, jika diperlukan.

Abbas Araghchi merujuk pada serangan Israel yang terus-menerus di Jalur Gaza dan Lebanon.

Sebelumnya, Israel mengancam akan merespon serangan balasan Iran terhadap Israel pada 1 Oktober lalu, untuk membalas pembunuhan pemimpin Hamas, Hizbullah dan komandan Garda Revolusi Iran (IRGC).

"Tindakan agresif rezim Israel merupakan ancaman serius bagi perdamaian dan keamanan regional dan internasional, dan merupakan contoh nyata kejahatan perang, genosida, dan kejahatan terhadap kemanusiaan," tulis Abbas Araghchi dalam suratnya kepada rekan-rekannya di berbagai negara, Kamis (10/10/2024).

“Kekebalan hukum tanpa batas yang dinikmati Israel telah membuat rezim tersebut memperluas serangannya ke Lebanon, termasuk serangan udara besar-besaran di daerah permukiman dengan menggunakan bom penghancur bunker buatan AS," katanya.

Ia mengatakan kegagalan Dewan Keamanan PBB dalam memenuhi tugasnya telah membuat para pemimpin Israel yang suka berperang itu semakin berani melanjutkan kejahatan mereka.

Abbas Araghchi juga menguraikan alasan peluncuran rudal Iran terhadap posisi militer Israel pada 1 Oktober, yang katanya dilakukan setelah berminggu-minggu menahan diri untuk tidak melakukannya dan menunggu gencatan senjata antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza.

BERITA REKOMENDASI

"Tanggapan tersebut menunjukkan bahwa Iran merasa bertanggung jawab terhadap perdamaian dan keamanan internasional," tulisnya, seperti diberitakan Al Mayadeen.

Diplomat Iran itu kemudian menyerukan upaya diplomatik kolektif yang bertujuan untuk menghentikan serangan Israel terhadap rakyat Jalur Gaza dan Lebanon yang tidak bersalah.

Iran Tetap Dukung Perlawanan

Menteri Luar Negeri Iran, Abbas Araghchi, menegaskan kembali komitmen Iran untuk mendukung kelompok perlawanan anti-Israel.

Baca juga: Arab Saudi, Yordania, Qatar Terancam Diserang Iran jika Bantu Israel, Negara Teluk Sibuk Melobi AS

Abbas Araghchi mengatakan Iran tidak akan pernah menyerah mendukung perlawanan.

“Saya sudah menjelaskan di Beirut bahwa Iran tidak akan menghentikan perlawanan,” katanya kepada Al-Jazeera pada Kamis, mengacu pada kunjungannya baru-baru ini ke Lebanon.

Ia mencatat dukungan Iran terhadap perlawanan tidak terbatas pada urusan politik dan diplomatik, tetapi Iran juga akan memberikan bantuan apa pun kepada pasukan perlawanan jika diperlukan.

Abbas Araghchi menekankan Iran tidak mencari perang atau peningkatan ketegangan, namun pada saat yang sama, Iran siap menghadapi setiap kemungkinan skenario termasuk ancaman agresi terhadap negaranya.

Serangan Balasan Iran ke Israel

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas