Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Erdogan Desak Liga Arab Terapkan Embargo Senjata Terhadap Israel di Tengah Konflik Gaza

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, telah meminta Liga Arab untuk memberlakukan embargo senjata terhadap Israel, mengintensifkan upaya diplomatiknya

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Erdogan Desak Liga Arab Terapkan Embargo Senjata Terhadap Israel di Tengah Konflik Gaza
X/Twitter
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Jumat mengutuk penembakan Israel yang menewaskan seorang aktivis AS-Turki saat demo di Tepi Barat. 

Erdogan Desak Liga Arab Terapkan Embargo Senjata Terhadap Israel di Tengah Konflik Gaza

TRIBUNNEWS.COM- Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, telah meminta Liga Arab untuk memberlakukan embargo senjata terhadap Israel, mengintensifkan upaya diplomatiknya untuk mengatasi konflik Israel-Palestina yang sedang berlangsung. 

Berbicara pada pertemuan darurat yang diadakan di Ankara, Erdogan mendesak para pemimpin Arab untuk mengambil tindakan segera dan tegas dalam menanggapi eskalasi kekerasan baru-baru ini di Gaza.

Dalam pidatonya, Erdogan mengecam operasi militer Israel di Gaza, yang telah mengakibatkan kematian ratusan warga sipil dan kerusakan infrastruktur yang meluas. 

Ia menggambarkan tindakan Israel sebagai "terorisme negara" dan menuduh masyarakat internasional gagal meminta pertanggungjawaban Israel. "Kita tidak bisa tinggal diam menghadapi kebrutalan seperti itu. Merupakan tugas kita untuk melindungi rakyat Gaza dan menegakkan keadilan," kata Erdogan.

 

Baca juga: Satu Orang Tewas Tertimpa Bantuan Kemanusiaan yang Dijatuhkan dari Udara di Khan Yunis Gaza

 

BERITA REKOMENDASI

 

Presiden Turki juga menekankan perlunya Liga Arab menunjukkan solidaritas dengan perjuangan Palestina dengan menghentikan pasokan senjata ke Israel

“Satu-satunya cara untuk menekan Israel adalah melalui tanggapan Arab yang kuat dan bersatu. Saya menyerukan Liga Arab untuk segera memberlakukan embargo senjata terhadap Israel. Ini bukan hanya masalah Palestina; ini adalah masalah kemanusiaan,” katanya.

Seruan Erdogan muncul di tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah karena serangan udara dan operasi darat Israel di Gaza telah memicu kemarahan internasional. 


Pemimpin Turki tersebut telah menjadi pengkritik keras kebijakan Israel, khususnya yang berkaitan dengan Wilayah Palestina. Ia menegaskan kembali komitmen Turki untuk mendukung Palestina, termasuk menyediakan bantuan kemanusiaan dan dukungan diplomatik.


Para pemimpin Liga Arab belum menanggapi secara resmi seruan Erdogan untuk embargo senjata, tetapi usulan tersebut diperkirakan akan mendominasi diskusi regional mendatang. 

Seruan Erdogan mencerminkan meningkatnya rasa frustrasi di antara negara-negara mayoritas Muslim, yang telah lama menuntut tindakan lebih keras dari pemerintah Arab dalam menanggapi kegiatan militer Israel.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas